photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Saturday, August 6, 2011

Nasi Bakar (ayam-teri medan)

udah hari ke 6 Ramadhan niy,,, hari ini hubby masuk malem ke-2 jadi bekel lagi dari rumah,, dari kemaren emang udah niat pengen bikinin nasi bakar,, karena hubby doyan,,, pake resepnya bu Fatmah Bahalwan udah paling cucok deh,, tapi udah aku persingkat sesuai kebutuhan ku,, aku tulisin dulu resep asli bu Fat yaa,, ntar dibawahnya baru aku kasih keterangan versi aku :),, another version of nasi bakar yang pernah aku buat bisa liat juga disini ya,,,

Bahan:
500 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt kaldu bubuk
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Bahan Tumisan:
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
2 bh cabe hijau, iris serong
2 bh cabe merah besar, iris serong
4 bh cabe rawit merah, iris serong
1 btg daun bawang, iris kasar
1  sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk
4 sdm minyak goreng untuk menumis
Cara membuatnya:
  1. Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
  2. Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat.
  3. Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan. 
  Versi aku:
1. aku masak nasinya pake rice cooker tapi airnya dikurangin,, sekitar 1:1 antara beras dan air
2. aku tumis bawang merah iris,, terus bawang putih yang dihaluskan ampe wangi, terus tambahin ayam dan daun bawang sampai ayam nerubah warna,, tambahin teri medan  hingga rata, tambahkan cabe halus hingga matang,, tambahkan bumbu lainnya hingga rata, baru masukin santan,, masak sambil diaduk terus hingga santan benar-benar matang, lalu masukkan nasi, aduk rata hingga santan meresap. bungkus dengan adun, beri daun salam dan sereh (juga rawit utuh kalau mau), bungkus seperti lontong, lalu bakar,,,
3. jadi aku lewatkan proses mengukus,, ntah ini cuma alesan sebagai toleransi males ngukus, tapi menurutkan rasanya hampir sama aja dengan yang melalui proses dikukus dulu hehehhe,, selamat mancoba :)

6 comments:

Shanti Fahlevi said...

Praktis ya resepmu.. Dijadiin satu ayam dan nasinya..;) pengen nyoba nih.. makasih ya Non;)

Nony Aska Daulika said...

sama-sama Shan,, :)

Hesti HH. said...

Tengkyu ya mbak Nony, dah aku praktekkan. Enaaaaak bangeeet!! nasi putihnya diganti nasi merah...

Nony Aska Daulika said...

wowwww,,
pasti nyum nyummm ya mba Hesti,,
disini beras merahnya ga enak,,
jadi ga bisa bikin versi beras merah deh :(...
hehheeeee

Ummu Fatima said...

Mbak....saya udah nyobain resepnya enaak banget...suami saya sampe nambah2 makannya ^^
Makasih banyak ya Mbaak ^^

Nony Aska Daulika said...

Alhamdulillah @Ummu Fatima,,,
sama-sama terima kasih juga mba,,,