Tuesday, March 5, 2013

Patbingsu 팥빙수


Pertama kali jadi penasaran ama es yang satu ini, waktu ngeliat Seo JooHyun (SNSD) dengan Jung YongHwa (CNBlue) makan es ini bareng-bareng disalah satu episode mereka di acara We Got Married. Jadi Penasaran, tapi gaaaaa jadi aja dipraktekin karena belum nemu rice cake untuk Patbingsu ini. Bulan ini karena emang pengen nyobain aneka masakan dan makanan Korea, aku putuskan untuk tetap praktek bikin es ini. Toh rice cake nya bukan bahan yang wajib ada hehehee. Intinyakan harus ada kacang merahnya :)

Patbingsu atau patbingsoo adalah dessert khas Korea yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas yang terik. Makanan ringan ini pertama kali dikenal sebagai es serut kacang merah manis (팥, pat) yang dijual di pedagang kaki lima. Pada zaman dahulu maupun saat sekarang, patbingsu adalah makanan yang sangat digemari, dengan variasi tambahan es krim dan yogurt dingin, susu kental manis, sirup buah-buahan, buah-buahan seperti strawberry, pisang, kue beras tteok, agar-agar kenyal dan remah-remah sereal. (Wikipedia)


Setelah aku cobain bikin, ternyata ga ada yang terlalu special juga dengan rasa patbingsu ini. Hampir sama dengan es teler atau es campur yang biasanya kita kenal, karena sama-sama menggunakan susu kental manis. Tapi alhamdulillah kemaren patbingsu ini dinikmati sekali sebagai menu buka puasa :). Berikut resepnya, untuk bahan dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera, yang pastinya harus pake kacang merah yaaaa :)

Patbingsu
Source: Maangchi

Bahan:
Kacang merah (sebaiknya kacang Azuki) yang dimasak hampir seperti bubur dengan gula, garam dan vanilla
Es serut
Susu kental manis
Strawberry
Kiwi
Pisang (aku ganti jagung manis kalengan)
dan aku tambahin kolang kaling

Cara:
Susun kacang merah di gelas saji, lalu beri es serut yang banyak. Susun strawberry, kiwi dan pisang (jagung) di atasnya, lalu beri susu kental manis :)

Siap dihidangkan :)




2 comments:

Indonesia Eats said...

kayak es campur atau es teler di Indonesia. atau halo-halo di Filipin, ABC (Air Batu Campur) di Singapore dan ais kacang di Malaysia :)

Nony Aska Daulika said...

Iya bener mba Pepy, semuanya mirip yang jelas sama memang susu kental manisnya :) makasih udah mampir mba,,,