photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Tuesday, March 5, 2013

Korean Beef Rice Bowl


Finally, dua hari yang lalu aku praktekin resep yang udah aku pin di pinterest sejak pulang umroh kemaren. Planningnya memang selama bulan Maret ini aku mau cobain beberapa resep masakan dan makanan Korea. Pengen memenuhi rasa penasaran sama makanan-makanan Korea yang muncul diberbagai Korean Drama yang suka aku tonton ceritanya :). Dimulailah dengan Korean Beef Rice Bowl ini yang resepnya aku pin dari Steamy Kitchen nya Jaden Hair. Bikinnya termasuk gampang, dengan bumbu yang ga neko-neko plus daging ama sayur udah jadi satu. All in one ceritanya.


Setelah dipraktekin, alhamdulillah. Rasanya enak, Faatih doyan banget. Tapi kayaknya next time wortelnya harus aku potong lebih kecil supaya Faatih lebih dengan senang hati menyantapnya. Kayaknya buat piknik-piknik ini asyik juga buat jadi bekel. Setelah dingin rasanya masih enak dan sangat praktis, maksudnya lauk dan sayuran udah jadi satu. Jadi ga banyak bawa ini itu lagi hehehheee. Untuk bekel anak sekolah dibuat bento yang lucu juga oke tuh kayaknya. Nasinya dibentuk yang lucu, ditambahin telur dadar yang dibentuk lucu,,, wah lengkap deh. Very-very worth to try moms :)


Korean Beef Rice Bowl
Source: Jaden Hair

Bahan:
2 cup beras 
1 pound daging (aku pake 1/2 kg daging has dalam)
2 sdm soy sauce
1 sdm minyak wijen
1 sdm jahe parut
1 siung bawang putih cincang (aku pake 2 siung)
1 sdm gula coklat (aku pake gula palm)
1 1/2 sdm minyak sayur (aku pake canola oil)
1/2 buah bawang yang dicincang (aku pake 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang)
1 buah wortel ukuran besar, kupas lalu potong seperti korek api
1 buah zucchini ukuran kecil, potong-potong (aku dibuat sama dengan wortel)
2 genggam penuh daun bayam
1 sdm wijen yang sudah dipanggang

Cara Membuatnya:
1. Masak nasi sesuai dengan instruksi (aku masak pake rice cooker seperti biasa)
2. Campurkan soy sauce, minyak wijen, jahe, bawang putih dan gula di dalam baskom, aduk rata. Kemudian tambahkan daging, aduk rata hingga semua bagian daging terkena bumbu. Sisihkan agar meresap, sambil kita mempersiapkan sayur-sayurannya.
3. Panaskan kuali atau alat menumis lainnya dengan panas sedang, kemudian masukkan minyak. Setelah minyak panas, tumis bawang sekitar 1 menit. Kemudian naikkan panas kompor hingga maksimal. Masukkan daging dengan cara ditaburkan merata. Aduk dengan bawang sekitar 2-3 menit hingga berwarna pink.
4. Tambahkan wortel dan zucchini. Aduk sekitar 1 menit. Tambahkan bayam, dan masak beberapa saat hingga matang. Matikan kompor dan taburi dengan wijen. Sajikan bersama nasi. Buat yang seneng makanan pedas seperti aku, bisa disajikan bersama gochujang (Korean chilli paste) yaaa,, yummy :)

Selamat Mencoba Moms :)

No comments: