photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Monday, August 1, 2011

Pangsit ala Szechuan


dapet resep di detikfood,, setelah dipraktekin dengan sedikit perubahan, hasilnya pangsitnya enakkkk,, tapi kuahnya masih ga bersahabat dengan lidahku,,, ndeso banget deh gw hehehe,,, ga biasa dengan rasa cuka hitamnya deh kayaknya,, hehhee,,, resep aslinya bisa diintip disini ya,,,, berikut aku tulis ulang contekannya dan sedikit perubahan yang aku lakukan hehheee,,, aku bikin 2,5 resep karena mau ngabisin wheat starch, takut keburu expired :)

bahan kulit:
120 gr tepung hongkong (aku pake 300 gr tepung tang mien/wheat starch)
70 gr terigu protein tinggi seperti cakra (aku pake 175 gr)
90 gr air (aku pake 250 gr air anget)

caranya: aduk semua bahan hingga rata, uleni sebentar, lalu diamkan beberapa saat (aku dibiarin sambil nyiapin isinya)

bahan isi:
300 gr daging paha ayam (aku pake 700 gr daging dada ayam)
40 gr batang sawi putih, iris halus (aku pake 100 gr)
40 gr kucai hijau, iris halus (aku pake 80 gr, krn kehabisan hehhee)
40 gr wortel, potong dadu (aku pake 100 gr diparut kasar)
40 gr tepung sagu/tapioka (aku pake 100 gr)
1 gr garam (aku pake 4 gr)
3 gr gula pasir (aku pake 10 gr)
1 gr kaldu ayam bubuk (aku pake 4 gr)
2 gr minyak wijen (aku pake 6 gr)
100 gr air (aku pake 200 gr)

caranya:
 campur semua bahan menjadi satu (aku ayam di minced pake food processor, trus masukkin sawi, puter lagi bentar baru dipindah ke baskom, tambahin bahan lainnya, aduk rata).

ambil kulit masing-masing 3 gr (aku 9-10 gr, krn 3 gr kecil2 bangettt),,, pipihkan, lalu isi, dan bentuk sesuai selera,, langsung rebus hingga mengapung, tiriskan. sedikit tips lebih baik setelah diisi, dibentuk langsung direbus, aku sempet coba nyimpen dulu di loyang yg ditaburi tepung tetep lengket kalo nunggu beres ngerjain semua, mungkin air dari isi turun jadi bikin kulitnya lembab,,, kalo setelah direbus, ditumpuk juga gapapa,,,

bahan saus:
70 gr minyak goreng
1 gr daun bawang, iris halus
50 gr bawang merah, iris
70 gr kecap asin
70 gr gula pasir
150 gr air
70 gr cuka hitam

caranya:
tumis bawang merah dan daun bawang hingga wangi dan berwarna kecoklatan, lalu tambahkan bahan lainnya, aduk rata dan masak hingga mendidih.

sajikan pangsit dengan sausnya, selamat mencoba :)

No comments: