photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Wednesday, June 27, 2012

Sahn-Jeok (Korean Skewered Beef)


Masih betah nyobain masakan Korea niy,, hehheee. Suka film-nya, suka drama-nya, suka lagu-lagu-nya, suka liat baju-nya (tradisional maupun modern), ga ketinggalan,,, suka makanan-nya juga hehheee,,, so far nyobain masak makanan Korea, bisa dibilang 80% cocok di lidahku. Jadi ga kapok deh nyobain terus hehhee. Kali ini aku coba bikin Sahn-Jeok. Sahn-Jeok is a Korean traditional holiday food. The colors and the taste combination is very good. Aku dapet resepnya tetap dari blog favorite ku untuk masakan Korea Aeri's Kitchen


Kemaren akhirnya aku berkesempatan praktekkin resep ini. Sebelum mulai ga lupa aku intip kembali video proses pembuatan sahn-jeok ini oleh Aeri's Kitchen. Ada sedikit dari resep originalnya yang aku ubah. Aku juga menambahkan wortel pada sahn-jeok ku :) Alhamdulillah hubby suka. Dia minta dibekelin nasi dan sahn-jeok  untuk mancing malam harinya,,, hehheee,, senang dan puas banget ya kalau masakan disukai keluarga :)


Bahan:
2 cups beef (aku pake sekitar 300 gr, ku potong-potong memanjang seperti crab stick jadi 24 buah)
10 Korean crab stick (aku pake yang udah dipotong-potong 12 buah)
Green onion (potong-potong sepanjang crab stick 24 buah)
4 eggs (kemaren aku cuma pake 3, masih sisa)
1/2 cup fluor (aku pake all purpose fluor)
(aku pake 1 buah wortel yang diiris sepanjang crab stick)
12 tooth picks

marinated beef

Marinated:
2 tbsp light soy sauce (aku pake 3 sdm)
3 tbsp sugar
1 1/2 tbsp cooking wine (aku ga pake)
1 tbsp garlic (aku pake bawang putih giling)
1/8 tsp black pepper
1 tbsp water
1/2 tbsp sesame oil
(aku tambahin 1 tbsp white sesame seeds)


Caranya:
1. Campur bahan marinate (perendam) hingga rata, lalu masukkan daging, aduk hingga rata. Biarkan selama 30 menit- 1 jam. Kemudian masak daging beserta bumbunya dengan api sedang hingga bumbu meresap sempurna kedalam daging. Angkat, sisihkan.


2. Siapkan tusuk gigi, lalu tusuk wortel, daging, daun bawang, crab stick, daun bawang, daging dan wortel.
3. Balut sahn-jeok dengan tepung, lalu balut dengan telur.


3, Masak dengan wajan anti panas dengan sedikit sekali minyak. masak hingga matang kecoklatan. Angkat dan sajikan. Enak dimakan hangat dengan nasi dan daun selada.

Selamat mencoba moms :)



No comments: