photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Friday, June 29, 2012

Catterpillar Bread


Akhirnya kesampean juga nyobain bikin catterpillar bread ini. Kalau lagi di Indonesia, suka beli juga sih. Jadi udah kebayang enaknya seperti apa. Kali ini aku juga nyobain metoda lain dalam membuat roti, yaitu Water-Roux method atau juga dikenal sebagai Tang Zhong method. Jenis rotinya sendiri menggunakan Japanese Sweet Bread Dough. Aku dapet resep hingga step by step pembuatan catterpillar bread ini di blog nya budan cantik mba Ricke. Aku cobain setengah resep aja, karena yang makan cuma aku, hubby dan Faatih. Alhamdulillah hasilnya lembutttttttttt bangettttttt. Aku bikin juga beberapa buah menjadi chicken floss bread untuk variasi. Satu lagi kuncinya menurutku dalam pembuatan catterpillar bread ini adalah, pilihlah sosis yang enak dan juicy,, sslluuurrrpppp rasanya jadi semakin nikmat deh :)

Kelihatan banget kan rotinya lembut banget,,,

Catterpillar Bread
(17-18 buah)

Water Roux Paste/Tang Zhong:
25 gr terigu protein tinggi (bread fluor)
125 ml air

Campur terigu dan air hingga rata. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk menggunakan whisker hingga mengental membentu paste. Tidak perlu sampai mendidih meletup-letup. Warnanya harus putih susu. kalau sudah berwarna keabu-abuan, berarti sudah terlewat dan tidak dapat digunakan lagi. Angkat, lalu teruskan mengaduk hingga agak hangat. Tutup dengan plastic wrap hingga dingin, siap digunakan.


Dough/Adonan Utama Roti:
375 gr tepung terigu protein tinggi (bread fluor)
100 gr tepung terigu protein sedang (all purpose fluor)
35 gr susu bubuk
1 sdt bubuk vanilla susu (aku pake L'Arome)
75 gr gula castor
1 sdt (peres) garam
1 sachet ragi instant (sekitar 11 gr)
1/2 sdt bread improver (optional)
2 kuning telur, kocok lepas
150 ml air es (penggunaan air harus disesuaikan dengan kebutuhan, bisa kurang, bisa juga ditambah, tergantung kondisi adonan masing-masing)
50 gr butter, potong dadu dan biarkan dalam suhu ruangan.

Egg Wash/Bahan Olesan:
1 kuning telur, kocok lepas
2 sdm susu cair
Butter, untuk mengoles setelah roti matang, agar permukaan roti terlihat mengkilap (optional)

Pelengkap:
Sosis
Saus tomat
Mayonaisse
Oregano bubuk
Daun bawang, iris-iris
Keju mozarella, parut
(aku pake keju cheddar parut juga)


Cara Membuatnya:

1. Ayak terigu dan susu bubuk ke dalam baskom besar/mixer bowl. Lalu tambahkan gula dan vanilla susu hingga rata. Tambahkan juga ragi hingga rata.
2. Masukkan water-roux paste/tang zhong dan kuning telur hingga rata.
3. Secara bertahap, sedikit demi sedikit tambahkan air es hingga kalis. Jika dirasa sudah cukup kalis, hentikan pemberian air. Dan jika dirasa masih terlalu kering bisa ditambahkan air.
4. Masukkan garam dan butter. Lanjutkan menguleni hingga rata dan adonan licin.
5. Pindahkan adonan ke atas meja kerja yang sudah ditaburi sedikit tepung. Lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan adonan, lalu letakkan ke dalam wadah yang telah diolesi dengan sedikit minyak goreng. tutup dengan plastic wrap atau serbet lembab. Diamkan untuk proses proofing selama 1 jam atau disesuaikan dengan kondisi ruangan masing-masing hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
6. Kempeskan adonan, lalu uleni lagi sebentar. Bagi adonan @60-70 gr. Bulatkan, lalu biarkan 10 menit.
7. Bentuk adonan. Tata dalam loyang yang sudah diolesi margarine. Tutup dengan plastic wrap, lalu biarkan kembali untuk proofing kedua selama 30 menit. Poles dengan egg wash, taburi pelengkap lainnya, lalu panggang 180-200 deg C selama 15-20 menit. Angkat, panas-panas olesi dengan butter. Siap disajikan.

Note:
1. Untuk melihat step by step pembentukan catterpillar bread bisa buka blog bunda Ricke aja ya : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/search/label/Bread
2. Untuk chicken bread floss. Adonan dibentuk bulat agak lonjong. Setelah matang, olesi dengan mayonaisse, lalu taburi dengan abon ayam.

Selamat Mencoba Moms :)



No comments: