photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Friday, June 29, 2012

Sup Ikan Pedas


Akibat hubby masih seneng banget ama hobby nya mancing ke laut di tepian gurun, persediaan ikan di kulkas selalu banyak. Udah dibagi-bagiin ke teman-teman dan saudara, tetap aja si ikan berdatangan hehheee,, alhamdulillah. Tapi kadang jadi bingung juga, tuh ikan-ikan enaknya diolah seperti apa supaya ngga membosankan. Gulai, bakar, pangek apalagi goreng, udah sering banget. Akhirnya keliling-keliling nyari resep bersama mbah google. Ketemu juga di detikfood.com resep sup ikan pedas. Jadi penasaran juga dengan rasanya. Alhamdulillah lumayan juga untuk variasi hehheee,,,

Bahan:
500 gr ikan (aku pake ikan sherry)
2 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt merica bubuk

Rendam ikan dengan jeruk nipis dan merica sekitar 30 menit.

Bahan kuah:
2 sdm minyak sayur
5 buah bawang merah, cincang kasar (aku dihaluskan)
3 siung bawang putih, cincang kasar (aku dihaluskan)
1/2 cm jahe, memarkan (aku dihaluskan)
750 ml kaldu ikan/seafood
2 sdm pasta tomat
1 sdt cabe merah bubuk
2 sdm air jeruk nipis
2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt garam
(aku tambahin 1 sdt pasta cabe)

Taburan:
Daun ketumbar

Cara:
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Kemudian tambahkan jahe hingga wangi. Tambahkan kaldu dan bumbu lainnya, masak hingga mendidih. kemudian tambahkan ikan, masak terus hingga bumbu meresap dan ikan matang. Angkat, lalu taburi dengan daun ketumbar, hidangkan.

Selamat mencoba moms :)

No comments: