Saturday, August 20, 2011

Cheese Klappertaart

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.(wikipedia)
itu sedikit ulasan dari wikipedia tentang klappertaart,, sebenernya dulu aku dah pernah juga bikin klappertaart dengan resep wilton,, rasa original aja,, nah untuk versi yang cheese ini aku dapet resepnya dari sajian sedap, pas nyobain dengan sedikit modifikasi,, wuahhh langsung syukaaa,,, maknyussss :) lumer dimulut,, mantebbb bangetttt :)


ini dia contekan resepnya yaa,,, (serving 6-8 big cup)
400 ml susu cair
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
25 gr tepung maizena (aku pake 15 gr maizena + 10 gr tepung custard)
40 gr tepung terigu protein sedang
20 gr margarine
2 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt rhum (aku ga pake)
75 gr cheese spread (aku pake cream cheese di suhu ruang yang dikocok lembut pake garpu aja)
150 gr kelapa muda, keruk
25 gr kenari, iris atau cincang kasar (aku pake yang bubuk)

taburan:
15 gr kismis, potong-potong (aku ga pake karena ga suka kismis)
15 gr kenari, potong panjang (aku pake 30 gr kenari slices)
20 gr keju cheddar parut
aku juga pake kayu manis bubuk (cinnamon powder)


cara:
1. rebus 300 ml susu bersama gula dan garam sambil diaduk hingga mendidih, lalu sisihkan
2. larutkan tepung maizena (custard kalo pake), terigu dan 100 ml susu hingga rata, lalu tuangkan ke larutan susu, aduk hingga kental sambil dimasak dengan api sedang hingga adonan meletup-letup lalu angkat.
3. tambahkan margarine, aduk terus hingga licin. tambahkan kocokan telur hingga rata, tambahkan rhum (bila menggunakan), lalu tambahkan juga cheese spread (cream cheese), kelapa dan kenari hingga rata.
4. tuang kedalam cup alumunium foil. aku tuang 1 sendok sayur adonan, taburkan kayu manis (cinnamon bubuk) buat seperti itu 3-4 lapisan, lalu bakar 160 deg Celcius selama 20 menit dengan cara au bain marie,, lalu keluarkan dan beri topping, kenari, keju dan (aku pake taburan kayu manis bubuk), lalu nakar kembali 25 menit.

No comments: