photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Sunday, August 14, 2011

Empek-Empek Pistel

ceritanya beberapa waktu yang lalu ada acara bancakan, kumpul-kumpul sambil maem-maem ama sahabat-sahabat disini,, salah satu menu yang dibawa temenku Ugie yaitu empek-empek bakarnya yang uenak dan empek-empek pistel ini,,, aku baru tau ada empek-empek pake isi tumisan pepaya muda,,, pas acara aku ga sempet nyicip, tapi alhamdulillah kebagian ngebekel bawa pulang,,, eh nyampe rumah disantap dengan lahap oleh si hubby tercinta, jadi teteup ga nyicip.,, jadi penasaran bikin deh,, apalagi hubby suka,, semakin deh termotivasi untuk praktekin. resepnya aku dapetin di rumahnya teh Renny,,,, alhamdulillah,, puasss banget ama hasilnya,,, ini dia contekan resepnya yaaa,,,

kulit:
500 gr ikan tenggiri, haluskan
150 ml minyak goreng
250 ml air es/air dingin
2 sdm garam
600 gr tepung sagu/tapioka

isi:
200 gr pepaya muda, potong korek api, cuci bersih
3 siung bawang putih, iris tipis
4 buah bawang merah, iris tipis
garam dan gula pasir
kaldu ayam bubuk
3 sdm ninyak untuk menumis

cara:
isi: panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi dan layu, lalu tambahkan potongan pepaya muda, tumis sebentar, lalu tambahkan garam, gula dan kaldu ayam hingga layu dan matang, angkat, sisihkan.
kulit: campur ikan, minyak, air dan garam hingga rata. lalu tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga rata (aku proses dengan food processor).
siapkan alas (alumunium foil) yang ditaburi tepung tapioka tipis-tipis. lumuri cetakan pistel, roll pin dan tangan dengan tepung tapioka. ambil adonan, lalu giling perlahan, angkat dan letakkan di cetakan pastel. beri isi, lipat dan tekan sedikit. lalu rebus hingga mengapung, tiriskan.
goreng sebentar sebelum disajikan dengan kuah cuko dan irisan mentimun,,,

selamat mencoba :)

No comments: