photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Saturday, May 5, 2012

Sate Tempe


Sudah beberapa minggu ini pak Bambang, salah satu pembuat tempe di Doha ini setiap hari senin ngedrop tempenya di temenku Astri,, so far,, Astri selalu nganterin ke rumah,, hehhee,, dasar aku sangat pemalas untuk keluar, walaupun hanya keluar dari pintu apartment dowang. Astri adalah temenku satu apartment tapi beda building,,, makasih banget ya say udah rela dan ikhlas nganterin :)

Karena sekarang tiap minggu ada stok tempe di rumah, aku mulai bikin variasi menu tempe yang lain. Biasanya kan seputaran, goreng tempe biasa, goreng tempe mendoan, sambel goreng tempe, tempe bacem, yaaa,, pokoknya yang umum deh. Beberapa waktu yang lalu aku sempet nyobain bikin nugget tempe, atau si tempe dibiarin beberapa hari di kulkas untuk dibuat surabi oncom atau nasi tutug oncom. Nah kebetulan bulan ini ada pr dari group di FB, IMQ fun cooking, yaitu all about tahu dan tempe,, udah googling sana-sini, belum nemu yang pengen dicobain, terus mulai deh ngubek-ngubek buku resep, eh.. ketemu buku seri makanan favorit Lauk Tahu dan Tempe Populer dari Nyonya Rumah. Dibuka-buka, banyak yang pengen dicobain, tapi kali ini aku nyobain resep sate tempenya dulu deh, dengan sedikit variasi bumbu ala dapurku tentunya,,,. 


Pagi-pagi ayah udah pergi maen bola, dan seperti biasa, Faatih nemenin bunda deh di dapur. Setelah bumbu aku tumis, tempe aku masak dengan bumbu sampai mateng, kan tempenya diangkat tuh buat ditusukin tusuk sate sebelum dibakar,, ehhh,,, Faatih udah curi start duluan,, dengan sangat lahap dia cemilin deh tuh tempe hehheee,, seneng, walaupun belum dibakar juga Faatih udah doyan banget. O iya, berikut resepnya ya moms,,,

Bahan:
400 gr tempe (aku tadi cuma pake 250 gr/1 bungkus tempe pak Bambang)
3 buah cabe merah (aku pake sekitar 1,5 sdm yang sudah dihaluskan)
3 sdm kacang tanah goreng (aku pake 3 sdm munjung yang sudah dihaluskan)
2 sdt ketumbar (aku juga pake yang udah dalam bentuk bubuk)
2 siung bawang putih (aku pake 2 sdt munjung yang udah dihaluskan)
3 buah bawang merah (aku pake 3 sdm yang sudah dihaluskan)
1 sdt terasi
1 sdt garam
1 sdm gula merah
1 ruas lengkuas (aku pake 1 sdt yang sudah dihaluskan)
3 lembar daun jeruk (aku pake 5 lembar karena suka wanginya :))
250 cc santan
minyak goreng secukupnya
2 sdm kecap manis (aku pake 3 sdm)
1 buah jeruk limau (aku pake 2 sdm air asem jawa)
(aku juga tambahkan 1 sdt jahe yang sudah dihaluskan)

Caranya:
1. Potong dadu tempe. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk dan lengkuas, lalu tumis dengan sedikit minyak. (aku karena semua udah dalam bentuk halus, yang tinggal cemplang cemplung deh :))
2. Tuangkan santan, masukkan lengkuas, dan jeruk dan tempe (aku lengkuasnya udah ditumis bareng bumbu di atas). Masak hingga tempe matang. Angkat tempe dari kuahnya. Terus masak hingga kental dan berminyak. Angkat, campurkan dengan kecap manis dan air jeruk limau (aku pake air asam jawa).
3. Tusuk tempe dengan tusukan sate, tiap tusuk 5 potong (aku tiap tusuk cuma 4 potong karena pake tusukan sate yang paling pendek).
4. Susun sate tempe di atas panggangan dengan api kecil. Bolak-balik hingga sate menjadi agak kering. Angkat, sajikan dipiring. lalu siram dengan bumbunya. Aku juga tambahin taburan bawang goreng dan acar.


Enak deh moms,,, salah satu variasi masak tempe yang yummy nih. Pulang maen bola, ayah makan batagor dan sate tempe ini,,, Tadi sebelum berangkat kerja, makan nasi pake ikan goreng hasil pancingan ayah, bening bayam dan sate tempe lagi, ayah baru komentar, enak loh bunda sate tempenya, sekilas rasanya bukan seperti tempe, empuk banget. Alhamdulillah,,, Selamat memasak penuh cinta untuk keluarga juga ya moms :)

2 comments:

An said...

Hi mbak Nony, aku sukaaaa bangat sate tempe iniiii!! enak yaa!
aku barusan posting di blogku, kalo ada waktu mampir mbak, thanks share resepnya :D

Nony Aska Daulika said...

hai An,, makasih ya dah mampir hehhee,, senangnya kalo keluarga doyan apa yang kita masak yaaa,, aku juga udah bookmark tofu mitarashi dango mu,, tapi belum sempet aja praktek,,, nanti aku laporan juga deh kalo dah praktek yaaa,,, :)