photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Saturday, May 5, 2012

Batagor Kuah


Beberapa minggu yang lalu, waktu lagi bancakan dengan teman-teman dekatku di rumah Iin di al khor, bumil Dyah bikin batagor kuah gini. Nyum,,, sukaaaaa,, pas tanya resepnya, ternyata pake ikan tenggiri, udang dan ayam, pantes ga blenek,,, langsung bertekad pengen bikinnnnn,,,. Pas beberapa hari yang lalu nginep di al khor, sebelum pulang sengaja mampir ke fish market al khor, beli tenggiri (king fish) minta langsung dikulitin, sama beli udang. Besoknya, pas belanja ke Lulu beli fillet ayam deh,, beli tauge dan sawi juga, waktu mau nyari kulit spring roll untuk pengganti kulit pangsit, malah nemu kulit pangsit beneran,,, senangnya,,, ini penampakan si kulit pangsitnya,,,


Ceritanya bikin batagor kuah pertama kali, tapi berani buat nyuguhin ketemen-temen yang ngumpul di rumah. Paling ngga ada sate ayam yang aku udah cukup pede ama rasanya buat nutupin kalo si batagor kuah ga se yummy yang aku bayangkan :) Acara ngumpulnya juga sebenernya dikhususkan buat temenku Devi yang mau pindah ke Indonesia, sayang banget ya anaknya Devi sakit, jadi dia malah ga bisa dateng. Walaupun akhirnya teh Ratih berbaik hati nganterin ke Devi, tapi sayang ga bisa ngobrol and bersantap ama Devinya langsung, gpp deh, yang penting niatnya nyampe,, ya ga?? Anyway alhamdulillah semua bilang batagor kuahnya enak,, kalau dimakan pake bumbu kacang sate jadi batagor kering deh :)


Berikut resepnya sesuai yang aku bikin dan menurutku udah pas banget rasanya,,,

Bahan:
1 kotak tahu (kalo udah dipotong dan dibagi 2, jadi bentuk segi tiga itu sekitar 24 buah)
80-100 lembar kulit wonton/pangsit

Bahan Isi:
500 gr fillet ayam
500 gr fillet ikan tenggiri (king fish)
250 gr fillet udang
300 gr tepung tapioka
1 sdm ebi kering
3 sdt bwang putih bubuk (garlic powder)
4 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus

Pelengkap:
Bakso dan kuah bakso
Tauge yang sudah disiangi
Sawi manis yang sudah disiangi
bawang goreng
kecap dan sambal

Caranya:
1. Haluskan fillet ayam, ikan tenggiri,udang dan ebi menggunakan food processor. Setelah halus, masukkan telur dan bumbu lain kecuali daun bawang hingga rata. Keluarkan adonan isi dari food processor, kemudian tambahkan daun bawang, aduk hingga rata.
2. Isi tahu dan kulit pangsit dengan 1 sdt munjung adonan isi.
3. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
4. Sajikan batagor bersama bakso dan kuahnya saat akan dimakan bersama dengan pelengkap lainnya.


Tips: 
1. Bahan isi bisa disimpan dalam wadah tertutup untuk beberapa hari sebelum diisikan ke tahu dan kulit pangsit. Kebetulan kemaren aku baru dapet tahu setelah 2 hari adonan isi dibuat, alhamdulillah masih tetap menempel dengan baik ke tahunya.
2. Setelah diisi tahu dan pangsit sebaiknya disimpan di freezer dengan menggunakan wadah tertutup. Keluarkan sekitar 15-30 menit sebelum digoreng.

Selamat Mencoba Moms :)

No comments: