photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Sunday, May 6, 2012

Apem Dot Dot (Malaysian Steam Cake)


Pertama kali liat kue ini udah lama deh pokoknya di fb salah satu temen Malaysia disini. Lupa lagi waktu itu yang upload siapa, hehehee. Terus liat teh Detty (Saung Teteh) juga bikin,, terus Teh Renny Asti juga bikin juga. Waktu itu resep yang dishare teh Detty di fb aku catet di paririmbon kesayangan hehhee,,, lamaaaa banget ya dia diperem disana :)

Beberapa hari yang lalu dapet undangan untuk hari ini dari Dilla temenku. Dilla mengundang ke acara akikah putrinya yang ke 2 Suri. Dari semalem mikirin mau bikin apa ya buat dibawa kesana? Mikirnya ga beres sampe ketiduran :) Bangun pagi sambil masak untuk ayah yang mau pulang kerja shift malem, masih mikirin mau bikin apa? Buka-buka paririmbon dan koleksi buku resep. Finally nemu resep ini yang udah keperem lama di paririmbon, tapi nemu juga resep kue lumpur yang pake kelapa muda dan keju yang juga menggoda untuk dipraktekkin. Menimbang dan akhirnya memutuskan bikin apem dot dot ini. Begitu mulai bikin, waduh,, udah jam 9.30, langsung kerja kilat, bikin 1,5 adonan sambil direcokin Faatih hihihiiiii,,, my number one supporter in this amazing 'office'. Untuk Filling kali ini aku pake selai strawberry dan nutella. hiasan atas aku buat tidak hanya dot dot tapi dengan beberapa motif lain, walaupun warnanya merah semua mengingat harus cepat selesai. Jam 11 rencananya temenku Vicka akan jemput, maklum aku masih belum punya driving lisence disini, jadi kemana-mana kalo ga sama si ayah, ya nebeng temen, atau pilihan terakhir naik taksi hehehee,, tapi jarang kok,,, lha wong keluar rumahnya aja jarang hihihiiii,,, Alhamdulillah 10.45 apem dot-dotku sudah ready, saatnya aku juga siap-siap pergi. Begitu nyampe di rumah Dilla setelah cari alamat sana sini,, aku serahkan deh si apem dot dot ke Dilla,,, eh ternyata mak Dilla langsung menawarkan ke tamu-tamu, alhamdulillah 'dagangan' si mbok laku keras, tinggal 1 biji aja hihihiii. 


Sebelum berangkat si ayah sudah jadi tester duluan, kata ayah kurang manis. Aku cobain, menurutku bukan kurang manis, tapi selainya kurang banyak, hehhee,,, Kalo kata Vicka udah pas karena ga terlalu doyan manis. Coba nanti kita pooling lagi apa pendapat orang-orang tentang si apem dot dot ini :). Anyway, ini resepnya yang aku dapet dari teh Detty, tapi aku sesuaikan lagi dengan seleraku,,,

Bahan:
375 gr terigu protein sedang
150 gr gula pasir
5 butir telur
225 ml susu cair + 3 sdm susu kental manis
1 sdt cake emulsifier
2 sdt baking powder
pewarna sesuai selera
selai untuk isian sesuai selera

Caranya:
1. Panaskan kukusan. Siapkan cetakan muffin lalu beri cup. Sisihkan.
2. Campur terigu dan baking powder, ayak lalu sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga kembang, putih dan kental. Tambahkan campuran terigu sedikt demi sedikit, diselingi dengan adonan susu hingga rata.
4. Ambil sedikit adonan, lalu beri warna sesuai selera.
5. Tuang adonan setengah penuh cup pada cetakan muffin, lalu beri selai, kemudian tutup kembali dengan adonan hingga hampir penih.
6. Beri motif dengan adonan yang telah diberi warna dan telah dimasukkan ke dalam piping bag.
7. Kukus sekitar 10-15 menit dengan api besar hingga matang.

jadinya sekitar 24 buah.
Selamat mencoba dan menikmati ya moms :)




No comments: