photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Wednesday, May 30, 2012

Villagio Mall Fire

Reuters

          Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Senin, 28 Mei 2012, sekitar jam 11 siang terjadi kebakaran di mall yang menurutku adalah mall dengan suasana paling nyaman dan tampilan paling menarik di Qatar ini, Villagio mall. Pagi itu sekitar jam 9 aku dijemput oleh temanku mba Tety untuk pergi ke Al Wakra guna menghadiri perpisahan teman kami teh Cici yang akan pindah ke Manado. Sekitar jam 11.30 siang kami keluar dari rumah teh Cici menuju Barwa Village yang letaknya antara Wakra dengan Doha. Saat di Barwa Village inilah pertama kali aku dan mba Tety mendengar bahwa mall Villagio kebakaran dari Rama anak mba Tety lewat telphone. Jujur, saat pertama kali mendengar hal itu, aku hanya berpikir ini hanyalah kebakaran kecil dan tidak berpikir sesuatu yang serius menjadi akibat dari kebakaran ini. Hampir 4 tahun aku tinggal di Qatar, dan sudah beberapa kali aku melihat kejadian kebakaran. Namun tidak ada yang sangat serius sampai memakan banyak korban. Aku masih ingat waktu itu sedang jalan-jalan dengan om dan tanteku disini. Tiba-tiba ada suatu gedung perkantoran yang sangat besar mengeluarkan asap yang sangat banyak dan tebal. Semua kendaraan di jalan raya langsung diaberhentikan sementara oleh polisi lalu lintas agar mobil-mobil pemadam kebakaran bisa lewat dengan cepat. Dan benar saja, sekitar 10 menit kemudian kebakaran sudah reda dan dapat dikendalikan. 

Berikut liputan pernyataan resmi dari mentri dalam negri Qatar, di Al Jazeera TV: http://www.youtube.com/watch?v=pc5DRz1SBWA&sns=fb

          Tapi ternyata kebakaran kali ini berbeda. Pada awalnya kronologis kejadian dan jumlah korban masih sangat simpang siur. Sore hari baru ada pernyataan resmi dari mentri dalam negeri Qatar, H E Abdullah Bin Nasser Al Thani, bahwa korban yang meninggal ada 19 orang. Yang sangat memilukan hati 13 orang korban adalah anak-anak, kesemuanya adalah expatriat, bahkan ada anak kembar 3 yang berasal dari New Zealand, dan ketiganya meninggal bersama. Selain itu ada 4 orang guru dan 2 orang petugas pemadam kebakaran yang berasal dari Pakistan dan Marocco. Mereka semua meninggal terjebak di Gympanzee nursery. Ya Allah,, tak kuasa aku menahan air mata. Terbayang anakku Faatih yang masih berusia 2,5 tahun. Anak-anak sekecil itu, apa yang dapat mereka lakukan saat menghadapi kejadian seperti kemarin?

 
 Anak kembar 3 yang masih berusia 2 tahun ikut menjadi korban. Lillie, Jackson dan Wilsher Weekes.

         Sampai saat ini sumber kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwenang. Tapi titik api memang diduga berasal dari toko Nike atau di Gympanzee nursery sendiri yang memang letaknya bersebelahan. Pihak berwenang menjamin tidak akan melepaskan pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam hal ini. Gympanzee nursery sendiri letaknya memang agak tersembunyi didalam. Makanya aku tadinya tidak terpikir akan ada korban. Mall Villagio memiliki lorong-lorong window shopping yang sangat luas dan tidak terlalu padat. Tapi ternyata korban adalah anak-anak di nursery ini. 

Karena asap yang sangat tebal, usaha evakuasi korban harus lewat atap mall.

Villagio Mall sebelum kebakaran. Photo: Ammar Mohammed.

Suasana di dalam mall setelah kebakaran. Dari tulisan Gympanzee itu nurserynya masih masuk kedalam dan naik ke atas.

 Evakuasi korban dari atap mall. Terlihat seorang petugas menggendong seorang anak laki-laki. (Photo: Reuters)

  2 orang petugas pemadam kebakaranpun ikut menjadi korban. (Photo: Reuters)

 Sebuah helicopter juga disiagakan untuk mengevakuasi korban. (Photo: Reuters)

 Petugas pemadam kebakaran yang sedang beristirahat diantara peralatan keselamatan setelah proses evakuasi. (Photo:Reuters)

          Martin dan Jane Weekes yang sangat berduka karena kehilangan 3 anak kembar mereka secara bersamaan. (Photo: Reuters)

          Kita memang tidak pernah tahu kapan musibah dan cobaan datang menghampiri kita. Kita harus mengambil hikmah dari kejadian ini, bahwa dimanapun kita berada, kita harus selalu waspada karena hal terburuk sekalipun akan selalu punya kesempatan menghampiri kita. Semoga malaikat-malaikat kecil ini tenang disisiNYA. Allahummaghfirlahum warkhamhum. My very deep condolonces for the family victims. Semoga kita selalu menjadi umat yang ikhlas dan sabar. Aamiin Allahumma Aamiin,,,

Berikut beberapa photo mall Villagio koleksi pribadiku,,, Villagio memiliki design yang sama dengan salah satu mall di Las Vegas dan Macau(muncul di drama seri Korea Boys Before Flower)


 mama waktu berkunjung ke Qatar 2011

 mama dan adikku sony yang lagi gendong Faatih 2011, kita kesini karena di Villagio kita bisa beli tiket MotoGP selain langsung beli di Losail Circuit

Villagio 2009, photo ini aku ambil kalo ga salah saat pertama kali aku ngunjungin Villagio setelah pindah ke Qatar

No comments: