photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Wednesday, May 23, 2012

Sate Ayam


Sate ayam, jenis makanan ini mungkin udah bener-bener ga asing lagi buat orang Indonesia. Jenisnya juga banyak banget lagi, ada yang khas daerah mana, daerah Madura misalnya. Tapi kali ini aku share resep khas keluargaku. Ssstttttt,,, bagi-bagi resep leluhur,, hehehee,, belum segitu tuanya juga siy ini resep. Resep ini diturunkan dari mamaku tercinta Hj. Syafniati binti Abdul Rachman kepadaku, anak perempuannya yang paling cantik,, (ya iyalah, orang anak perempuannya cuma satu hehehee,,,)

Aku bikin sate ayam ini udah seriiiiiiiiiiinnnngggg banget, tapi entah kenapa belum sempet aja ngejepretnya secara baik dan benar, sehingga baru kali ini dishare secara terbuka di blog. Dulu ngesharenya secara langsung atau japri gitu deh. Alhamdulillah banyak banget yang suka ama si sate ini. DImakan tanpa bumbu kacangnya pun, rasanya sudah mantab kaliiii :) Berikut resepnya ya moms, tapi maaf, resepnya masih kira-kira, karena akupun selalu lupa mencatatnya saat sedang bikin hehehee,,,


Sate Ayam

Bahan:
2 kg fillet ayam, potong kotak-kotak
1 1/2 sdm jahe yang sudah dihaluskan
1 sdm lengkuas yang sudah dihaluskan
1/2 sdm kunyit yang sudah dihaluskan (aku pake 3/4 sdm kunyit bubuk)
10 butir bawang merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdm ketumbar bubuk
kecap manis, secukupnya
2 sdm mentega atau margarine
garam, secukupnya
asem jawa, sekitar 8 mata
gula jawa, secukupnya, sisir

Cara: Aduk semua bahan menjadi satu, lalu tusuk ke tusukan sate 4-5 kotak satu tusukan. Apabila ingin disimpan untuk beberapa hari bisa dimasukkan ke plastik atau wada bertutup, lalu simpan di freezer. Jika mau dibakar, campurkan sedikit bumbu kacang dengan kecap dan minyak sayur, lalu gulingkan sate hingga merata, lalu bakar di atas pembakaran hingga matang sambil sesekali dibalik-balik.

Bumbu Kacang

Bahan:
1 kg kacang tanah, goreng, lalu haluskan (kehalusannya sesuai selera)
3 sdm cabe merah yang sudah dihaluskan
8 buah cabe merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdm ketumbar bubuk
1 sdm jahe yang sudah dihaluskan
1/2 sdm lengkuas yang sudah dihaluskan
gula merah, secukupnya
air asam jawa, secukupnya
garam, secukupnya
gula pasir, secukupnya
kecap, secukupnya
santan dan air, secukupnya
Daun jeruk, secukupnya

Cara: Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, lengkuas dan ketumbar hingga wangi. lalu tambahkan kacang hingga rata. Lalu tambahkan bumbu lainnya. Masak dengan api kecil hingga matang dan minyak kacang keluar. Siap disajikan.

O iya, untuk temen-temen di Qatar yang penasaran, aku bikin lontong yang montok itu pake 100% beras basmati, alias ga dicampur dengan beras Thailand. Beras basmati yang aku pake brand nya Kohinoor. 

No comments: