photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Saturday, May 12, 2012

Bakpia Pathok


Setelah kemaren cukup puas dengan hasil Bakpia isi keju. Sekarang mencoba bikin Bakpia Original alias Bakpia Pathok isi kacang hijau (mung bean). Tadinya ga nyangka bakalan secepat ini bikin Bakpia lagi. tapi kemaren tanteku minta diajarin pas aku emang mau ke Al khor,, ya udah sekalian praktekin yang isi kacang hijau ini. Pengen praktek yang isi ubi ungu (purple yam) juga sebenarnya, tapi udah keliling-keliling Doha, lagi kosong tuh si ubi ungu frozen nya,, ya udah yang isi kacang hijau dulu aja deh. Kemaren di rumah tante Sri aku praktek bareng tetangganya tante juga, bu Drajat. Alhamdulillah hasilnya enak :)

Untuk kulit, aku masih tetap pake resep yang sama dengan Bakpia Isi Keju yang kemaren ya,, silahkan dilihat disana aja. Prosesnya juga sama kok, tinggal isinya nih yang sedikit berbeda. Kalo kemaren isi keju bisa langsung aduk dan diisikan, kalo isi kacang hijau ini prosesnya agak panjang, karena harus direndam dulu semaleman, dikukus lalu dimasak dengan bahan lainnya. Makanya waktu kemaren praktek di rumah tanteku, aku udah bikin isinya duluan. Kalo ngga aku harus lama dong di Al Khor nya, padahal hubby hari berkutnya udah kerja lagi. Berikut resep untuk isi kacang Hijaunya yang masih aku dapatin dari blognya Mba Hesti,,,


Isi Kacang Hijau (Mung Bean Filling):

100 gr kacang hijau kupas, rendam semalaman
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/8 sdt garam
1 lembar daun pandan
25 gr gula pasir
50 gr gula merah
1 sdm minyak makan

Cara:
1. Tiriskan kacang hijau kupas yang sudah direndam semalaman. Lalu kukus sekitar 20-30 menit, sampai mekar. Angkat.
2. Masukkan ke dalam panci, lalu campur dengan santan, garam, daun pandan, gula pasir dan gula merah. Masak hingga kalis. Sebelum dimatikan apinya, tambahkan minyak makan. Aduk hingga kalis dan licin. Angkat, lalu dinginkan.
3. Setelah dingin, bentuk bola-bola masing-masing 5 gr. Siap diisikan ke kulit bakpia.

Note: untuk aku isian ini agak kemanisan, mungkin lain kali gula pasirnya aku kurangi menjadi 10-15 gr aja.

Jadinya sekitar 35 buah.
Selamat mencoba ya Moms :)




No comments: