photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Saturday, May 12, 2012

Ddeokbukki


Sebagai penggemar Korean Drama, aku sangat familiar dengan jajanan pinggir jalan orang Korea ini. Hampir disetiap drama Korea jajanan ini muncul. Karena penasaran, akhirnya cari tau deh tentang makanan ini. Dapet juga bocoran yang asyik di Aeris Kitchen. Begitu jadi,, huaaaa,, setengah resep juga udah banyak banget. Rasanya enak, tapi lebih enak cilok menurutku hehhee,, teteup ya,, lidah Indonesia :)

Untuk rice cake nya, karena di Qatar ga tersedia yang udah jadi, aku praktekkin resep rice cake nya mba Shanty Dewi. Tapi hasilnya punya aku ga semulus rice cake yang dibuat mba Shanty,, wah,, ntar mau tanya-tanya lagi deh sama mba Shanty tips-tipsnya,,,

Adonan rice cake sebelum dikukus

Adonan rice cake setelah dikukus

Rice cake ku yang hasilnya ga mulus, jadi seperti tekwan jumbo hehheee,,

Sticky Rice Cake:
3 cup tepung beras
1 1/4 cup air (bisa kurang)
1 sdt garam
1 cup air + 1 sdt olive oil

Caranya:
1. Siapkan kukusan. Aduk tepung beras dan garam. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi crumble, jangan sampai menjadi satu. Lalu kukus sekitar 25 menit.
2. Angkat, lalu masukkan adonan ke dalam bread machine atau mixer dengan K beater (aku kemaren pake food processor yang untuk bread) hingga halus dan lembut juga lengket kalo dipegang (sekitar 20 menit).
3. Basahi tangan dan meja kerja dengan air yang sudah dicampur dengan oilve oil. mulailah gulung menggulung hingga adonan berdiameter 1 cm, lalu potong dengan panjang 3-4 cm, sesuai selera.
4. Rice cake ini bisa disimpan di freezer, saat akan digunakan, biarkan diluar freezer hingga mencapai suhu ruang.


Ddeokbukki/Tteokbukki

1 resep sticky rice cake
1 bungkus fish cake atau crab stick
1 buah wortel, iris melintang
jamur (aku kemaren pake jamur champignon), iris
1 batang daun bawang, iris
1/2 buah bawang bombay
3 cup air
1 sdm ikan bilis atau ikan teri
1/2 sdt kaldu ayam
1 sdm soy souce
1 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm chilli bubuk
3 sdm chilli paste
gula pasir atau corn syrup


Caranya:
1. Didihkan air, ikan bilis dan fish cake sampai kaldunya keluar. Angkat ikan bilis dan fish cake, lalu masukkan chilli bubuk, chilli paste, kaldu ayam, bawang putih, bawang bombay dan soy souce hingga mendidih.
2. Tambahkan rice cake, gula dan garam hingga rata. Tambahkan fish cake, wortel dan jamur, masak hingga matang. Taburi daun bawang, siap dihidangkan.




No comments: