photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Friday, April 20, 2012

Surabi Oncom


Setiap hari senin temen satu apartmentku Astri dititipin tempe ama pak Bambang yang bikin tempe,, kemaren aku pesen 2 bungkus,, karena pengen nyobain bikin surabi oncom ini dan juga nugget tempe yang udah duluan aku posting,,, :). Jadi karena disini ga ada oncom,, aku  bikin serabinya ga pake oncom beneran, tapi oncom-oncoman hehheee,,, tempe yang udah lewat kadaluarsanya aku biarin lewat3-4 hari di kulkas gitu,,, alhamdulillah rasanya enak,,, pedasssss,, untuk Faatih topping sambel oncomnya aku ganti dengan meises aja hehhee,,,

Resepnya aku praktekin dari buku Aneka Masakan Sunda terbitan Demedia. Berikut resepnya yaaa,,,

Bahan:
100 gr tepung beras
150 gr tepung terigu
1 sdm garam halus
500 ml santan

Bahan Sambal Oncom:
100 gr oncom
8 buah cabe rawit
1 siung bawang putih (aku 2 siung dan digoreng sebentar)
1 cm kencur (aku ganti pake 1 sm bumbu pecel)
1/2 sdt garam


Cara Membuat:
1. Sambal oncom: goreng oncom hingga matang, angkat lalu tiriskan. Haluskan cabe rawit, bawang putih, kencur dan garam. Masukkan oncom yang telah digoreng, haluskan bersama bumbu tadi hingga rata, sisihkan.
2. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam, aduk rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikitsambil diaduk. Banting-banting adonan, diamkan selama 1 jam.
3. Ambil 1 sendok sayur adonan, tuang kedalam cetakan surabi (aku pake cetakan kue lumpur). Taburi sambal oncom di atasnya, lalu tutup, biarkan hingga matang.
4. Angkat, sajikan hangat-hangat dengan rempeyek kacang tanah atau rempeyek teri.

pakai topping meises untuk Faatih :)

Selamat Mencoba :)



No comments: