photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Friday, April 20, 2012

Chicken Floss Roll Bun


Resep dasarnya dari Soft Bread-nya NCC,, mumpung masih ada abon ayam bawa dari Indonesia kemaren,, ayah suka, tapi Faatih kurang suka, dia emang kurang demen ama abon,, abon apapun itu,, mungkin struktur abon yang aneh rasanya dimulutnya,, jadi ga pernah suka deh dia ama abon,,, mungkin ntar bikinnya kapan-kapan lagi dibikin versi pedesnya aja,, jadi olesan mayonaisenya dicampur sambel,, hehheee kan Faatih ga doyan, jadi yang makan ayah dan bundanya aja :)


Bahan:
200 gr tepung terigu protein tinggi/bread fluor
50 gr tepung terigu protein sedang/all purpose fluor
30 gr gula kastor
1 sdm susu bubuk full cream
6 gr ragi instant
1/4 sdt bread improver
2 butir kuning telur
100 ml air es
50 gr margarine
1/4 sdt garam

Topping:
1 butir kuning telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, iris-iris
wijen yang disangrai, secukupnya

Filling:
Mayonaise
Sambel botolan (kalo pengen pedes)
Chicken floss/beef floss


Cara:
1. Campur terigu, ragi instant dan bread improver. Aduk rata. Tambahkan telur, aduk hingga rata. Masukkan air, sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga setengah kalis. Lalu tambahkan margarine dan garam, uleni hingga kalis elastis. Tutup dengan plastic wrap atau serbet lembap. Istirahatkan sekitar 40 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat.
2. Kempeskan adonan, gilas tipis hingga berukuran 30x30 cm. Letakkan di loyang yang telah diolesi margarine. Tusuk-tusuk dengan garpu agar tidak terlalu kembang. Istirahatkan lagi 15 menit.
3. Olesi permukaannya dengan kuning telur, lalu taburi dengan wijen dan daun bawang. Panggang 180 deg C selama 15 menit, 3 menit terakhir jika bisa gunakan api atas.
4. Angkat lalu balik di atas kertas roti yang telah diolesi dengan margarine. Oles bagian dalamnya dengan mayonaise (dan sambal botolan jika ingin pedas), lalu taburi dengan abon, gulung, agak padatkan, lalu potong menjadi 5-6 bagian. olesi masing-masing ujungnya dengan mayonaise, lalu taburi abon. Siap dihidangkan.


Selamat Mencoba :)

No comments: