photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Tuesday, May 3, 2011

Pepes Nasi Ayam


ini hasil uji coba di dapur tadi siang,,,
uenakkkk kalo kata hubby hehheee,, padahal bahannya ga lengkap semua,,, ini nyobain resep yang ada di blog mba Rieke sang sexy chef, cuma disesuikan dengan dapurku :)

bahan nasi:
- 2,5 gelas takaran rice cooker beras, cuci bersih
- air santan (sesuai cara masak nasi pake rice cooker)
- kunyit sekelingking, parut ambil airnya (aku pake kunyit bubuk 1/2 sdt)
- daun jeruk iris tipis2 (aku pake 10 buah)
- garam
- daun pisang untuk ngebungkus

bumbu halus:
- 8 butir bawang merah (aku pake 2 buah bawang merah besar)
- 4 siung bawang putih
- 5 buah cabe merah (aku pake 3 buah aja)
- 2 cm jahe
- 5 butir kemiri
- 2 cm kunyit (aku pake 1 sdt kunyit bubuk)
- 1 buah tomat merah
- garam

bahan pepes:
- minyak goreng untuk menumis
- 3 buah paha utuh, bagi 3 (aku pake whole legs yang frozen dibagi 2 aja)
- 18 buah telur puyuh rebus (aku ga pake, ga punya stock)
- daun salam
- sereh yang dimemarkan
- daun kemangi (aku ga pake,, kehabisan stock di kulkas hehehe)
- 18 buah rawit (aku pake 1 chilli bird merah 1 bungkusnya)

CARA:
nasi:
cuci beras, campur dengan santan, kunyit, daun jeruk dan garam,,, masak di rice cooker sampai bunyi ceklik,, langsung keluarin, jangan dibiarin di rice cooker,,,

ayam:
tumis bumbu halus sampai matang dan harum,, masukkan ayam, aduk hingga rata. masak sampai bumbu meresap dan matang, angkat,

pepes:
- didihkan air dalam dandang
- ambil daun pisang, susun nasi, letakkan sereh, rawit, daun salam, ayam dan bumbunya,,
- bungkus seperti membungkus pepes, jangan lupa dipadatkan supaya setelah matang san disajikan nasi tidak buyar,,
- kukus 60-75 menit.
- takaran di atas kalau aku jadi 5 bungkus...
- bisa ditambah tempe (yang ikut dimasak pake bumbu bareng ayam) dan telor rebuh juga lowh,,,

happy cooking^^
nonyteguh

No comments: