photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Tuesday, May 31, 2011

Kue Pisang


punya tepung hunkwe 1 bungkus di rumah,,, cari-cari resep,, akhirnya nemu resep kue pisang ini dibuku kue-kue Indonesia oleh Yasa Boga,, kebetulan ada pisang juga beberapa buah ya udah praktek deh,,, kue ini merupakan kue khas dari daerah Jawa,, tapi sebenarnya banyak juga ditemukan sebagai jajanan pasar di Sumatra,,,

bahan:
8-10 buah pisang kepok tua atau 2 buah pisang tanduk, kukus hingga matang (aku pake 2 buah pisang india yang besar-besar)
1 bungkus tepung hunkwe, sekitar 125 gr (aku make 1 bungkus yg 150 gr)
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli
1/4 sdt garam
1250 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
daun pisang untuk membungkus (bisa diganti dengan plastik tebal)

cara:
kupas pisang, potong menyerong sekitar 1 cm, sisihkan. cairkan tepung hunkwe dengan sebagian santan (aku pake 250 mlnya), sisihkan. didihkan sisa santan, gula, garam dan vanilli. masukkan cairan tepung, aduk hingga kental dan matang.
ambil daun pisang atau plastik, beri 1 sdm adonan tepung selagi panas, beri 2 potong pisang, kemudian tutup kembali dengan 1 sdm adonan tepung. gulung daun atau plastik dan lipat ujungnya ke tengah sehingga kue berukuran 4 x 7 cm. (aku dorong ketengah dengan menggunakan punggung pisau sehingga adonan yang ada dipinggir terdorong padat ke tengah). biarkan dan dingin dan mengeras. hidangkan :)

note: selain pisang bisa juga diisi dengan nangka yang dipotong dadu,, isikan 4-5 potong nangka yang disusun secara acak,, enak loh,,, aku pernah makan di Indonesia, kemaren pas bikin juga karena pisangnya kurang, ya aku isi nangka beberapa,,, selamat mencoba :)

No comments: