photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Saturday, May 21, 2011

Cashew Coffee Ice Cream Cake

kemaren, 20 May 2011 hubby ulang tahun yang ke 33. tanggal 19 ampe tengah malem masih mikir mau bikinin kue apa ya??? sempet kepikiran bikin cake dengan hiasan fondant tema golf, kan ayah suka maen golf,,, lebih bagus lagi kalo tema mobil TLC lagi nge-dune, tapi ga mungkin aku bisa bikin, skill nya belum nyampe,, hehehee,,, tapi dipikir-pikir lagi, si ayah ga doyan fondant,,, uhmm,,, percuma kalo bagus tapi dia ga doyan kan?? uhmmm,,, kesukaan ayah adalah kopi dan kacang2an,,, coba buka-buka primbon dan berselancar di dunia maya,,, coba-coba deh mengkombinasikan beberapa resep yang aku temuin,,, akhirnya add satu clue lagi,, sekarang kan summer (malem aja bisa 35 derjat) ya udah,,, ice cream cake deh bentuknya,,, jadilah si Cashew Coffee Ice Cream Cake ini...


semua berjalan lancar,,, dari pembuatan ice cream, pembuatan kue,, sampai dicetak lagi ke cetakan bongpas dan di freezerin,,, udah 5 jam dibekukan, akunya ga sabar pengen liat hasilnya, padahal hubby masih bubu abis shift malem, aku coba keluarin dr cetakan (cetakan bongpasnya bukan yg pake gesper tapi yang tatakannya bisa dicopot dengan didorong ke atas)... huaaaaaa musibah, ternyata si ice cream bagian tengahnya belum beku,,, buru2 dimasukin lagi, (mana ditengah2 kejadian itu anakku mecahin piring kecil, panikkkkk ), gamau mikir banyak lagi langsung difreezerin lagi aja,,, walhasil setengah bagian pinggiran kuenya ga rapi,,,


 malem abis dinner di Korean Garden restaurant, baru kuenya kita potong sebagai dessert di rumah,,, dipotong make pisau yang udah direndam air panas,,, alhamdulillah,, kataku rasanya uenakkk,, hubby juga setuju,,, senangnya,,, next bikin lagi mudah2an lebih cantik dan sempurna. Happy Birthday my dear hubby,,, semoga makin sholeh, sabar dan ikhlas,, teladan dan imam yang baik utk bunda dan Faatih juga anak2 kita kelak, amiin. love you :)


bahan ice cream:
225 gr coklat batangan yang plain
750 ml whipping cream
tim coklat dan whipping cream sambil diaduk hingga coklat mencair semua dan adonan menjadi lembut dan tercampur rata. angkat lalu biarkan hingga uap panasnya hilang. masukkan tutup dengan plastic wrap. masukkan kulkas selama 4 jam, lalu pindahkan ke freezer selama 3 jam, mixer hingga kental dan lembut, tutup lagi dengan plastic wrap, simpan di kulkas bawah sebelum digunakan.

bahan cake:
140 gr kacang mente/mede (bisa diganti kacang lain sesuai selera)
150 gr gula pasir
5 buah telur (pisah kuning dan putihnya)
55 gr breadcrumbs (yang halus seperti untuk resoles)
1 sdm coklat bubuk (aku pake bensdrop)
1 sdm kopi bubuk (aku pake nescafe gold)
2 sdm air lemon
1/2 sdt garam
6 sdm selai blueberry, panaskan sebelum akan digunakan agar mencair
30 gr (secukupnya) kacang mente/mede yang sudah disangrai dan dipotong-potong untuk dekorasi


caranya:
1. haluskan kacang mente dengan 3 sdm gula hingga halus (bisa pake food processor atau blender), sisihkan.
2. mixer kuning telur dengan sisa gula hingga kental dan berwarna kuning muda.
3. tambahkan kacang mente yang sudah dihaluskan, kopi, coklat bubuk dan air lemon. aduk dengan spatula hingga rata, sisihkan.
4. mixer putih telur dengan garam hingga soft peak (jambul petruk).
5. campur adonan putih telur kedalam adonan kacang sedikit demi sedikit secara perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
6. cetak ke loyang (aku pake cetakan bulat diameter 16 tingga 8 cm), yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega. bakar di api 180 derjat C selama 45 menit, tes bila bagian atasnya ditekan dan adonan kembali, tandanya sudah matang, angkat, lalu dinginkan.
7. bagi kue menjadi 3 lapisan, masing-masing lapisan olesi dengan selai blueberry.
8. siapkan loyang bongkar pasang (aku pake yang diameter 20cm). taruh 2 lembar kue di bagian tengah, lalu siram dengan adonan ice cream hingga kue tertutup dan bagian pinggiran penuh,,, lakukan hingga ketiga lapisan kue selesai. ratakan bagian atasnya. hias dengan kadang yang sudah dicincang.
9. freezerin, paling tidak 8 jam. lalu keluarkan dari cetakan. simpan di freezer.
10. keluarkan 10 menit sebelum dimakan, potong menggunakan pisau yang direndam dengan air panas.

slurrppppp,, selamat menikmati :)



No comments: