photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Tuesday, May 31, 2011

Cenil


kemaren ada undangan makan-makan di rumah tetangga  yang baru aja pindahan dari seven pearl ke al handasa sini,, uhmmm mbawa apa ya,, buka-buka lagi buku resep kue-kue Indonesia keluaran Yasa Boga,, liat-liat resep si cenil ini sepertinya cucok niy,, sepertinya ga ribet and yang pasti lagi punya kelapa parut,,, jadi aja dibuat,, alhamdulillah,, si tuan rumah mba Tuti seneng banget,, mba Tuti lagi hamil dan katanya dia emang lagi ngidam berat ama si cenil ini,,, hihihiiii kebetulan banget ya,,, alhamdulillah deh kalau begitu,,, berikut resepnya yaaaa,,,

bahan:
275 gr tepung tapioka
100 ml air mendidih (tapi akhirnya aku tambahin jadi 125 ml)
pewarna sesuai selera
100 gr gula pasir utk taburan
urap kelapa (1 butir kelapa ukuran sedang diparut kasar, 1/2 sdt garam diaduk rata, lalu kukus sekitar 5-10 menit)

cara:
cairkan 1 sdm tepung tapioka dengan 2 sdm air dingin, tuang dan aduk dengan 100 ml air mendidih sampai kental, dinginkan. masukkan sisa tepung tapioka sambil diaduk-aduk hingga adonan dapat dibentuk. bagi adonan sesuai warna yang diinginkan, bentuk bulat panjang, diameter dan panjang 3-4 cm.
didihkan air yang banyak, masukkan adonan sedikit demi sedikit, setelah mengapung dan matang, angkat lalu tiriskan. gulingkan dalam urap kelapa, lalu taburi dengan gula pasir. sajikan :)

No comments: