photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Wednesday, June 1, 2011

Lapek Bugis


di Indonesia aku doyan banget makan kue ini,,, belum pernah kebayang bikin sendiri, tapi akhirnya dicoba juga,,, nyoba ngebungkus 3x pake daun pisang gagal terus, bocor lah, ga rapi lah,, akhirnya aku pake cetakan muffin yang dialasin daun pisang aja hehheee, alhamdulillah tetep enak,,,

dan lagi-lagi aku mempraktekkan resep dari buku kue-kue Indonesia keluaran Yasa Boga,, hanya ada sedikit perubahan di tepung, aku cuma bikin setengah resep, jadinya 15 buah aja,, cukup banget deh untuk dimakan sekeluarga and nganter tetangga dikit hehehee,,,


bahan:
250 gr tepung ketan putih (aku jadi 280 gr)
125 gr tepung ketan hitam
300 ml santan cair dari 1/2 butir kelapa, didihkan
1/4 sdt garam
daun pisang untuk membungkus

isi:
350 gr kelapa parut
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli
150 ml air
1/2 sdt garam
350 ml santan kental dari 1 butir kelapa, beri garam, aduk rata

cara:
campur garam, tepung ketan hitam dan tepung ketan putih, tuangkan santan mendidih, uleni hingga adonan menjadi halus dan bisa dibentuk, bagi menjadi 30 buah bulatan (aku kemarin sekitar 26gr masing-masingnya), sisihkan. campur kelapa parut, gula pasir, vanilli dan air juga garam, masak di atas api sedang sambil diaduk hingga air mengering, lalu bagi menjadi 30 buah bulatan kecil. pipihkan adonan tepung, lalu beri isi, bulatkan kembali. bentuk daun pisang menjadi kerucut, lalu isi dengan 2-3 sdm santan dan beri satu bulatan adonan ketan yang sudah diisi, lipat daun pisang menjadi bentuk limas, kukus selama 45 menit, siap dinikmati.

selamat mencoba :)

No comments: