photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Thursday, June 23, 2011

Mie Hijau Ayam Jamur (Sawi)


di Duri punya makanan favorite yaitu mie hijau di hokie jaya,,, mie hijaunya kata ownernya dari sari sawi, dimasaknya dengan cara digoreng pake ayam, udang dan telor. kalo ini nyobain bikin mia make hijau tapi dalam bentuk mie ayam jamur dulu, sekalian merawanin pasta maker ku niy,,, hihihiiiii alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan,,, first time ever in my life making a noodle hihihiii,,,

resepnya udah combine dari sana sini yaaa,,, jadi yang ditulis sekarang merupakan versiku,,,
bahan mie:
300 gr terigu protein tinggi seperti cakra kembar
1 buah kuning telur
100 gr daun sawi, ambil daunnya saja, blender dengan 200 ml air lalu saring
1/2 sdt garam

cara mie: campur terigu dengan garam hingga rata, lalu tambahkan kuning telur hingga rata,, tambahkan juice sawi sedikit demi sedikit (aku siy kemaren ga kepake semua) sambil diuleni hingga kalis, bungkus dengan plastic wrap lalu diamkan 10-15 menit. kemudian giling dan taburi dengan tepung (aku pake terigu protein sedang misalnya segitiga biru). mie ini insya Allah bisa bertahan di kulkas untuk disimpan sekitar 1 minggu.


minyak bawang putih: goreng bawang putih yang sudah digeprek, minyaki lalu dinginkan, simpan minyak bersama bawang putihnya, bisa di stock di kulkas juga.

kuah: 
100 gr tetelan, potong2
500 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt merica
1 sdm garam
1 batang daun bawang, iris
2 sdm minyak

cara kuah: rebus tetelan hingga mendidih. tumis bawang putih hingga wangi, lalu tuang kedalam rebusan tetelan, tambahkan bahan lain, masak hingga matang.


ayam jamur:
250 gr fillet daging ayam, potong dadu kecil2
100 gr jamur merang, potong2
3 siungbawang putih
1 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
50 ml air
2 buah telur, kocok lepas

cara ayam jamur: tumis bawang putih hingga wangi, lalu masukkan ayam, aduk2 hingga berubah warna, tambahkan jamur, dan telur sambil diaduk-aduk, lalu tambahkan kecap asin, kecap manis, merica dan garam

pelengkap: daun bawang, bawang goreng, sawi dan pangsit goreng.

penyajian: rebus mie, lalu aduk di mangkok bersama kecap asin dan minyak bawang, beri ayam jamur, daun bawang. bawang goreng dan pangsit goreng, hidangkan dengan kuahnya dan sambel, selamat mencoba :)



2 comments:

meinekueche said...

pengen banget bikinnnn....tapi belum sempet2,hiksss

Nony Aska Daulika said...

yukkkk semangat bikin mba,,, :)