photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Friday, June 10, 2011

Temro (Tempe di Jero)


aku sukaaaa banget combro (oncom di jero) apalagi yang puedesss,,, duh mantabbb,, jadi inget di warung tante Wito di perumahan tempat aku tinggal dulu di bandung,, itu tiap weekend ada yang nitipin jualan combro,, kecil-kecil tapi uenakkk banget,, pedese puolll  hehheee,,, nah akhirnya pengen nyobain juga bikin,,, tapiiii dsini kan ga ada oncom,, jadilah tempe biasa aku biarin 3 hari dr tanggal expire nya tapi dikulkas,,,alhamdulillah rasanya lumayan dehhh langsung dibawa jadi bekel ngedune ayah malem ini,,, hehhee

bahan:
500 gr singkong/ubi kayu, kupas dan parut (aku pake food processor aja hehehee)
2 sdt garam

bahan isi:
200 gr oncom (aku pake tempe)
20 gr daun kemangi, iris kasar
3 sdm minya untuk menumis

haluskan:
5 buah cabe rawit
2 buah cabe merah
2 siung bawang putih
4 buah bawang merah
garam dan gula

 caranya:
isi: tumis bumbu halus sampai matang dan wangi. masukkan oncom (tempe), aduk rata, beri 100 ml air. masak hingga matang dan air habis. masukkan kemangi, aduk hingga layu, angkat lalu dinginkan.
campur ubi dengan garam (aku langsung dicampur di food processor). ambil 1-2 sdm adonan, bulatkan, tipiskan, beri 1/2 sdm adonan isi di tengahnya, tutup kembali, lalu bentuk menjadi bulat lonjong. 

goreng dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.

selamat mencoba :)


No comments: