photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Thursday, June 9, 2011

Panada


inget dulu ada teman mama yang namanya tante Ida,, sering banget bikinin kue ini,, dan aku doyannn banget,, pedesnya passs hehehee,,, akhirnya nyobain juga bikin,, not bad siy hasilnya, tapi masih belum seenak punya tante Ida,, sepertinya nanti haris minta resepnya niy hihihiiii untuk kali ini aku pake resep dari buku kue-kue Indonesia dari Yasa Boga,,, dan resepnya adalah sebagai berikut:

bahan isi:
200 gr daging ikan tongkol
1 sdm air jeruk nipis (aku pake jeruk lemon)
250 ml santan dari 1 butir kelapa
1 lembar daun pandan, iris halus
3 lembar daun jeruk buang tulang lalu iris tipis
25 gr daun kemangi, iris kasar
1 lembar daun adas, iris tipis (aku ga pake, ga punya)
1 buah tomat, cincang
3 sdm minyak makan untuk menumis

haluskan:
4 buah cabe merah (aku tambah lagi 1-2 buah rawit iris halus)
2 buah kemiri, goreng
1 sdt jahe cincang
5 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

kulit:
1 sdt ragi instant larutkan dengan 2 sdm air hangat
250 gr tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas
1 1/2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

caranya:
isi: lumurkan air jeruk nipis ke badan ikan, lalu kukus ikan hingga matang. ambil dagingnya, sisihkan. tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan irisan daun-daunan, daging ikan dan semua sisa bahan, masak terus dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga kering dan matang, sisihkan.

kulit: campur terigu, gula, garam dan telur hingga rata. tuangkan larutan ragi, uleni dengan menambahkan santan sedikit demi sedikit hingga adonan tidak melekat di tangan. tutup dengan serbet lembab atau plastik, biarkan 1-2 jam (aku 4 jam krn bikinnya tengah malem dilanjutin subuh) sampai mengembang. bagi menjadi 15 bagian (aku @30 gr), bulatkan.

penyelesaian: tipiskan adonan kulit sekitar 1/2 cm, beri 1 sdm adonan isi, lipat menjadi 2 bagian membentuk setengah lingkaran, cubit dan lipat pinggirnya, letakkan di loyang  datar yang telah diolesi minyak, biarkan 10 menit. goreng panada satu persatu dengan minyak banyak dengan panas sedang sampai matang dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan, panada siap dihidangkan :)



No comments: