Wednesday, May 18, 2011

Ubi

Ny Tuti Soenardi

Ubi mengandung antioksidan yang membantu menjaga ingatan tetap konsisten, mengontrol diabetes, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Ubi juga mengandung betakaroten, vitamin C, dan vitamin E.

Karena kandungan karbohidrat kompleksnya tinggi, maka para ahli menganjurkan memanfaatkan ubi untuk mengontrol berat badan berkaitan dengan diabetes. Ubi manis mengandung serat yang sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan gula darah.

Kandungan vitamin C dan E serta antioksidan betakaroten bekerja melindungi tubuh dari serangan molekul oksigen yang terkenal sebagai radikal bebas.

Mengonsumsi ubi dan makanan lain yang kaya betakaroten dapat menetralkan molekul jahat sebelum merusak bagian tubuh seperti pembuluh darah atau bagian mata.

Serat dan antioksidan vitamin dari ubi mengandung folat, vitamin B6, dan vitamin B lain. Vitamin ini yang memberi rangsangan pada otak dalam pembentukan beberapa fungsi otak yang biasanya berkurang karena usia.

Semakin berwarna ubi, semakin tinggi kandungan betakarotennya. Karena kandungan lemaknya sangat rendah, untuk memudahkan penyerapan dan pemanfaatan betakarotennya dalam usus diperlukan tambahan lemak.


Ubi memang tidak tahan disimpan lama, karena itu sekarang ini ubi dikembangkan dalam bentuk tepung. Mari kita manfaatkan tepung ubi dalam aneka hidangan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan dalam negeri. Ini perlu disosialisasikan dalam mengangkat pangan dalam negeri sebagai kebanggaan bangsa daripada mengonsumsi pangan impor.

No comments: