Friday, July 8, 2011

Gulai Kikil (Tunjang)


ini dia salah satu lauk favorite hubby,, gulai kikil alias gulai tunjang hehheee,,, kemaren bikin lauk ini disandingin ama balado jengki and teri,,, huahahhaaa,,, makan dengan lahap deh,,, alhamdulillah.... jengki mahal aja dsini,, karena import dari Indonesia hihihiiii... berikut resep gulai kikilnya yaaa:

bahan:
750 gr kikil sapi/tunjang/jangek
sedikit bubuk pala, jintan, kayu manis dan ketumbar
10 lembar daun jeruk
3 batang serai
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek lalu simpulkan
1,2 L santan cair
300 ml santan kental
2 potong asam kandis

haluskan:
10 buah cabe merah keriting
10 buah cabe merah besar
15 buah bawang merah
9 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm lengkuas
2 cm jahe


cara:
1. rebus kikil sapi sampai empuk, kalo perlu direbus sampai 3x airnya diganti. angkat lalu tiriskan. kemudian cuci hingga bersih (kalo disini siy kikilnya emang udah bersih banget), kemudian potong-potong.
2. panaskan 4 sdm minyak makan, tumis bumbu halus dan bumbu bubuk, daun jeruk, serai, daun salam, dan daun kunyit hingga wangi dan matang.
3. masukkan kikil, aduk hingga kikil terbalut bumbu dan mulai meresap, tuangkan santan cair sambil diaduk, kemudian kecilkan api, masak hingga kikil empuk.
4. tuangkan santan kental, kemudian aduk. tambahkan asam kandis kemudian aduk, masak lagi hingga santan agak berminyak. angkat kemudian hidangkan.

selamat mencoba :)

No comments: