photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Sunday, May 6, 2012

Asam Padeh Ikan (Cat Fish)


Ceritanya Rabu kemaren si ayah mancing dapet ikan buanyakkk deh,,  hampir 1 cool box full,, sebagian ikan Sherry yang gede-gede udah langsung aku bikin pangek buat acara ngumpul bareng temen-temen di rumah Elin di al khor. Alhamdulillah khalas. Nah sebagian yang kecil aku simpen untuk dimasak sendiri dan ada yang aku kasih tante Sri. Catfish ini ukurannya cukup gede, kepalanya apalagi gede banget. Saat dibersihkan, ikan ini langsung aku bagi dua, jadi buat 2 kali masak, karena yang makan cuma keluarga kecil. Catfish ini jenis ikan dengan daging yang lembut seperti ikan Baung yang ada di Indonesia, tapi kulitnya agak sedikit tebal dan liat daripada Baung, makanya kulitnya ga dimakan dikeluargaku. Bentuknya juga mirip banget sama Baung, tapi Baung kalo ga salah hidup di sungai ya,, kalo Catfish ini dilaut. Dari awal, aku sudah berniat, bagian tengah sampai kepalanya akan aku masak asam padeh,,, slurrppp,, pedas dan segar.

Tadi pagi, habis sholat subuh aku tidur lagi sambil ngelonin Faatih yang kebangun minta susu. Alhamdulillah si ayah telphone jam setengah 6, aku langsung bangun dan beberes rumah. Kemudian mulai masuk 'kantor'. Alhamdulillah aku sudah mengeluarkan ikan ini dari freezer setelah sholat subuh tadi, jadi sekarang tinggal dieksekusi hehehee. Sesuai niat dan tekad yang sudah dibuat, aku mulailah mengeluarkan semua bahan-bahan untuk membuat asam padeh ini. Karena bumbu yang dibutuhkan rata-rata sudah aku haluskan, proses membuatnya jadi lebih cepat. Berikut resep yang pernah diajarkan mamaku,, cekidot moms...

Bahan:
750 gr ikan (Tenggiri, Baung, Catfish, dll)
1 buah jeruk nipis (aku sih sejak di Qatar lebih sering pake lemon)
1 sdt garam
sekitar 1.250 ml air
7 lembar daun jeruk
2 batang sereh, memarkan
3 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek lalu simpulkan
4 potong asam kandis

Haluskan:
150-250 gr cabe merah, haluskan (gunakan sesuai selera pedas yang diinginkan)
125 gr bawang merah
10 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 cm kunyit
3 cm lengkuas
2 cm jahe
1 sdm garam
1 sdm gula pasir

Caranya:
1. Potong-potong ikan agak tebal, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata. Sisihkan.
2. Didihkan air, bumbu halus, daun jeruk, sereh, daun salam, daun kunyit dan asam kandis dengan api kecil, hingga bumbu wangi dan matang.
3. Kecilkan api, lalu masukkan ikan, asuk perlahan. Masak ikan hingga matang dan bumbu meresap. Angkat dan hidangkan dengan nasi panas :)

Selamat Mencoba Moms,,,

Ikan hasil pancingan ayah yang gede-gede kemaren dibikin pangek,,, cuma sempet diphoto sekenanya sebelum diovenin,, setelah mateng juga inget diphoto setelah hampir habis hehehhee,,,



No comments: