photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Friday, November 2, 2012

Kue Lumpur Keju


Aku doyan deh kue lumpur ini, apalagi kalo toppingnya keju (secara ga doyan kismis hehheee). Punya cetakannya juga sejak lama tapi dipakenya malah buat bikin serabi, hehehehee. Nah akhirnya ada satu event yang membuat aku bertekad nyobain bikin kue ini. Yaitu waktu acara Wonderful Indonesia di Qatar Foundation kemaren. Kebetulan aku ditunjuk untuk jadi koordinator makanan kecil alias kue-kue traditional. Nah waktu itu salah satu kue yang aku buat ya kue lumpur, tapi versi original, pake topping kismis. Nanti deh cerita lengkap tentang Wonderful Indonesia aku tulis sendiri yaaaa,,


Alhamdulillah dari pertama kali bikin hasilnya langsung memuaskan. Sempet bingung juga waktu liat adonan kok ga bisa mulus ya? kentangnya masih gerindil-gerindil gitu. Tapi ternyata setelah dimasak, hasil kue lumpurnya lembuttttt :) Seneng dehh,,, 1 resep ini hasilnya banyak banget loh, sekitar 100 biji, karena cetakan kue lumpurku mini. 


Kue Lumpur
(Source: Fatmah Bahalwan and Natural Cooking Club)

Bahan:
1 kg kentang, kupas, cuci lalu kukus hingga matang lalu haluskan
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu protein sedang
1 liter santan
5 kuning telur
4 putih telur
1 sdt garam
1 sdt vanilli (aku pake vanilla susu L'Arome)
200 gr margarine, lelehkan
200 gr kismis, atau keju atau yang lainnya untuk taburan


Cara membuat:
1. kocok gula dan telur hingga putih dan kembang, tidak perlu naik.
2. Tambahkan garam dan vanilli sampai rata.
3. Lalu tambahkan santan sampai rata.
4. Tambahkan kentang dan tepung secara bertahap dan bergantian hingga rata.
5. Tambahkan margarine cair hingga rata.
6. Panaskan cetakan. Lalu cetak adonan 3/4 penuh, tutup hingga setengah matang, beri taburan, lalu tutup kembali hingga matang. Gunakan api kecil sehingga kue tidak gampang gosong.


 Selamat mencoba moms :)


No comments: