photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Monday, February 11, 2013

Bolu Gulung Pisang


Punya pisang cavendis 2 biji udah mateng banget. Dimakan langsung udah ga enak nih, pasti eneq banget. Enaknya dibikin sesuatu. Jadilah googling sana-sini, dan akhirnya pilihan jatuh pada resep yang ada di sajiansedap.com. Hasilnya jadilah 1 buah bolu gulung gede yang yummy.


Bolu Gulung Pisang Keju
By: Sajian Sedap
Modified by: Nony Aska Daulika

Bahan:
85 gr minyak goreng
50 ml air
100 gr pisang ambon (aku pake 200 gr pisang cavendis), blender
80 gr kuning telur, kocok lepas
1 butir telur, kocok lepas
130 gr terigu protein rendah (aku pake 150 gr)
20 gr tepung maizena (aku pake 25 gr)
1/2 sdt baking powder (aku pake yang double acting)
250 gr putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt cream of tartar (aku ga pake)
125 gr gula pasir

Isi:
100 ge butter cream
75 gr keju parut

Cara:
1. Rebus air dan minyak hingga beruap (aku bentar aja karena syerem denger suara kelitikan minyaknya). Matikan api, lalu tambahkan pisang, aduk rata. (aku pake whisker aja)
2. Setelah adonan pisang hangat, tambahkan telur dan kuning telur hingga rata (aku pake whisker aja). Sisishkan.
3. Ayak tepung terigu, maizena dan baking powder. Kemudian campurkan secara bertahap ke adonan pisang hingga rata (aku masih pake whisker aja). Sisishkan.
4. Kocok putih telur dengan mixer bersama garam dan cream of tartar hingga setengah mengembang, kemudian tambahkan gula pasir secara bertahap hingga menjadi adonan soft peak.
5. Campurkan putih telur secara bertahap ke adonan pisang, lalu aduk perlahan hingga rata (aku pake cara aduk balik).
6. Cetak di loyang 30x30x3cm (aku pake 45x30x3cm) tanpa dioles, hanya dialas kertas roti. Panggang pada suhu 170degC selama 35 menit.
7. Angkat, kemudian keluarkan dari loyang, tunggu agak dingin (aku tutup kuenya dengan kain biar ga keras). Kemudian olesi dengan butter cream dan taburi dengan keju parut, gulung dan padatkan.

Selamat Mencoba Moms :)

No comments: