photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Monday, February 11, 2013

Chestnut Jam


Pertama kali kepikiran untuk bikin selai chestnut ini karena nonton WGM (We Got Married) Season terbaru, yaitu pasangan Julien Kang dan Yoon Se Ah di episode 11. Disana Se Ah membuatkan selai chestnut ini untuk dikirimkan kepada orangtua Julien. Saat Julien nyobain selai yang udah selesai dibuat, ekspresinya luar biasa banget, menunjukkan selai itu rasanya enak banget. Wah,, jadi tergoda pengen tau rasanya. Pernah liat sih di supermarket yang jual, tapi tetap pengen nyobain bikin aja :)


Pas googling, ga banyak informasi yang bisa aku dapetin tentang cara dan komposisi pembuatan selai chestnut ini. Tapi kok aku malah jadi semakin penasaran ya jadinya? hehheee. Dalam bahasa Indonesia, chestnut disebut kastanya (castanea), atau dikenal juga sebagai kastanye (dari bahasa Belanda, kastanje). Akhirnya aku coba dengan komposisi sebagai berikut:

Chestnut Jam
By: Nony Aska Daulika

Bahan:
1 kg chestnut
400 gr gula pasir
1 sdm air lemon
Fresh vanilla

Cara:
1.  Rebus chestnut hingga empuk, lalu panas-panas kupas kulitnya. Kemudian blender hingga halus.
2. Masak chestnut dengan bahan-bahan lain dengan api kecil hingga kental dan meletup-letup. 
3. Angkat lalu dinginkan, dan simpan didalam botol dengan tutup rapat.


Final review from me? The taste is unique, but it's not my taste hehheeee. Tapi jadi pengen nyoba beli selai yang udah jadinya. Mungkin yang homemade ini ga terlalu enak karena aku membuatnya ga bener. Kita lihat ntar kalo aku dah beli ya :)

Selamat Mencoba Moms :)

No comments: