photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Wednesday, November 14, 2012

Pinguin Bento (My First Bento)


Akhirnya aku bikin bento juga. Setelah heboh ikutan mesen buku bento nya mba Tata Bonita, akhirnya niat bikin bento semakin kuat karena ada lomba bento menjelang hari ibu bulan depan. Lombanya diadain IMQ (Indonesian Moms Qatar) yang bekerjasama dengan DWP KBRI Doha. Hehehehee,,, ini bakal jadi setoran pertamaku, karena yang diikutkan lomba boleh lebih dari 1 hehheee,,,


Bento (弁当 bentō) is a single-portion takeout or home-packed meal common in Japanese cuisine. A traditional bento consists of rice, fish or meat, and one or more pickled or cooked vegetables, usually in a box-shaped container. Containers range from disposable mass produced to hand crafted lacquerware. Although bento are readily available in many places throughout Japan, including convenience stores, bento shops (弁当屋 bentō-ya), train stations, and department stores, it is still common for Japanese homemakers to spend time and energy for their spouse, child, or themselves producing a carefully prepared lunch box.
Bento can be very elaborately arranged in a style called kyaraben or "character bento". Kyaraben is typically decorated to look like popular Japanese cartoon (anime) characters, characters from comic books (manga), or video game characters. Another popular bento style is "oekakiben" or "picture bento", which is decorated to look like people, animals, buildings and monuments, or items such as flowers and plants. Contests are often held where bento arrangers compete for the most aesthetically pleasing arrangements. (Wikipedia)


Kalo dari penjelasan om Wiki di atas, bento yang aku buat tergolong Oekakiben kali ya. Karena aku kali ini membuat 2 buah pinguin dan 1 baby chicken. Lauk penyerta kali ini belum macem-macem, cuma oseng tahu tempe, sosis rebus dan telur rebus (yang jadi baby chick). Sayurannya, brokoli, wortel dan buncis aku kukus  . Sedangkan seladanya fresh aja.


Untuk percobaan pertama kali ini, aku butuh sekitar 60-75 menit mengerjakannya. Yang lama justru saat menyusun ke dalam bento box nya. Musti pelan dan hati-hati. Awalnya aku ga pake lunch box yang ini, udah disusun ternyata yang pertama agak kecil, jadi ganti deh dengan yang ini :)

Bahan:
Nasi Putih
Nori
Wortel, bentuk lalu kukus
Crab Stick
Keju lembaran
Pasta stick
Sosis, potong lalu rebus.
Buncis kukus
Selada
Brokoli kukus
Telur rebus
Tomat cherry

Pelengkap:
Food pick


Oseng Tahu Tempe:
100 gr tempe atau oncom putih, potong dadu lalu goreng setengah matang
5 buah tahu, potong dadu lalu goreng setengah matang
4 buah bawang merah, kupas, iris tipis
2 siung bawang putih, kupas, iris tipis
4 sdm kecap manis
1 sdt kecap asin
garam
gula pasir
2 sdm minyak makan
100 ml air

Cara:
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi, lalu masukkan tahu dan tempe hingga rata. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam dan gula hingga rata. Lalu tambahkan air, aduk rata. Masak hingga air surut. Angkat.


Pinguin:
Kepal nasi selagi masih hangat dengan plastic wrap. Kemudian beri nori yang sudah digunting sesuai bentuk mirip pinguin. Kemudian beri mata dari nori yang dipotong dengan paper puncher. Kemudian beri hidung dari wortel yang sudah direbus, rekatkan dengan menggunakan pasta stick agar tidak lepas. begitu juga dengan rona pipi yang terbuat dari crab stick yang direkatkan dengan pasta stick juga. Yang satu aku beri topi menggunakan keju lembaran, sedangkan yang satu lagi aku kasih pita menggunakan food picks.

Baby Chicken:
Dibuat dari telur rebus. Potong bagian putihnya, letakkan di bawah, lalu hias bagian kuningnta dengan nori untuk mata dan rambut serta wortel rebus untuk mulutnya. Untuk merekatkan mulutnya aku juga pake pasta stick.

Susun selada, lalu letakkan cup case berisi oseng tahu tempe. Susun pinguin, lalu baby chick, lalu buncis sebagai batang dan wortel sebagai bunga. Selipkan sosis, tomat cherry dan brokoli.
Lengkapi bekal dengan sumpit atau sendok garpu, dan air minum atau susu.


Selamat mencoba mommies :)

No comments: