photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Monday, July 16, 2012

Hokkaido Chiffon Cupcake


Udah lama banget pengen nyobain resep cupcake yang satu ini. Pertama kali tergoda pengen nyobain tuh karena mba Hesti. Jadi resepnya juga ngintip dari blognya mba Hesti deh. Akhirnya kemaren kesampean juga baking kue ini, setelah sehari sebelumnya flu berat, salah satu obatnya kan harus makan yang banyak hehhee,, jadi bikin cemilan kue ini aja sambil ditemani hot chocolate, yummy :) Ada sedikit variasi yang aku cobain, yaitu fillingnya aku pake Vla Napoleon yang biasanya suka dipake untuk filling Horn Bread,,


Bahan Chiffon Cake:
(serve 8-9 buah)
3 kuning telur
20 gr gula pasir
35 gr minyak jagung
60 gr susu cair
70 gr tepung terigu protein sedang
3 putih telur
25 gr gula pasir


Bahan Filling:
60 gr dairy whip cream
10 gr gula pasir
1 sdt vla instant

Vla Napoleon:
225 ml susu cair
50 gr gula pasir
1 kuning telur
25 gr tepung maizena
30 ml whipping cream cair
1/2 sdm unsalted butter
1 sdm rhum (optional), aku ga pake

Bahan Taburan:
Gula halus


Cara:
1. Panaskan oven 170  degC. Siapkan cup liner di dalam loyang. Sisihkan.
2. Kocok kuning telur dan 20 gr gula pasir dengan menggunakan whisker hingga pucat, lalu tambahkan minyak jagung dan susu, aduk hingga rata.
3. Tambahkan tepung hingga rata, sisihkan.
4. kocok putih telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga berbusa, tambahkan 25 gula pasir secara bertahap hingga soft peak.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur, campurkan dengan adonan kuning telur dengan metode aduk balik secara perlahan hingga rata. Kemudian masukkan campuran adonan kuning telur ke dalam sisa adonan putih telur, aduk balik secara perlahan hingga rata.


6. Tuang ke dalam cup liner sampai 3/4 penuh. Panggang sekitar 20-25 menit di rak tengah oven. Angkat.
7. Vla: kocok whip cream dan gula pasir hingga kembang, lalu tambahkan vla instant dan rhum  hingga rata. 
8. Napoleon vla: campurkan tepung maizena dengan 3 sdm susu, aduk rata lalu sisihkan. Kocok kuning telur dengan 3 sdm susu hingga rata, sisihkan. Dalam panci didihkan susu dan gula dengan api sedang sambil diaduk hingga panas, tambahkan campuran maizena hingga rata. Lalu tambahkan larutan kuning telur hingga rata sambil terus diaduk. Tambahkan whip cream hingga rata dan matang, angkat. Lalu tambahkan butter hingga rata. 
9. Penyelesaian: masukkan vla ke dalam piping bag. Beri lubang. Tusuk tengah kue yang sudah matang, lalu semprotkan vla sampai meluap keluar. Taburi dengan gula halus, siap disajikan. Paling enak disajikan dalam keadaan dingin.



Selamat mencoba moms :)

No comments: