photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Sunday, July 8, 2012

Bolu Gulung Kukus Ubi Ungu


Nyobain resep yang pernah aku catat dari tabloid Saji. Ketemu tabloid Saji punya mama waktu mudik ke Indonesia kemaren, tertarik deh ama yang unyu unyu ini, terus dicatat, eh prakteknya baru sekarang hehhee. Padahal Maret kemaren sebelum pulang ke Qatar, di Indonesia ampe niat banget beli essence talas ungu buat bikin kue ini. Nyampe Qatar, masuk deh ke box segala essence dan pewarna. Semalem pas nyusun ulang pewarna dan essence yang udah mulai berantakan, ketemu lagi deh ama si essence talas yang sempat terlupakan hehheee,,, akhirnya dipraktekkin deh niy kue :)


Walaupun penggunaan ubi ungunya ga banyak, tapi karena didukung dengan essence talas itu kali ya,, umbi-umbiannya jadi lumayan kerasa di cake ini. Legit dan lembut. Yummy deh menurutku,, apalagi ditambah keju,, wuihhhh sempurnaaaaa (hehehee penggemar keju sejati niy ceritanya,,). Cocok banget deh buat cemilan sambil ngeteh di sore hari. Berikut aku kasih contekan resepnya yaaaa,,,


Bolu Gulung Kukus Ubi Ungu
(Tabloid Saji)

Bahan:
4 butir telur
1 sdt cake emulsifier (TBM, SP, Ovalet)
75 gr gula pasir
60 gr tepung terigu
50 gr ubi ungu, kukus, haluskan (aku pake yang frozen)
50 ml santan kental
25 gr margarine, cairkan
2 tetes pewarna ungu
2 tetes pewarna pink (aku ga pake)
1 sdt essence talas
50 gr butter cream, untuk olesan
50 gr keju cheddar parut, untuk isi
White cooking chocolate, untuk topping (aku pake butter cream dan keju cheddar parut lagi)

Cara:
1. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental dan kembang. Tambahkan ubi, kocok sebentar hingga rata. Tambahkan terigu sambil diayak hingga rata.
2. Tambahkan margarine cair bergantian dengan santan, aduk perlahan hingga margarine dan santan habis serta rata.
3. Cetak di loyang 24x24x3 cm (aku pake 20x20x4 cm, jadinya 2 loyang karena kukusannya ga muat), yang telah dialas kertas roti dan diolesi margarine.
4. Kukus sekitar 15 menit, hingga matang. Angkat lalu dinginkan. (aku dalam proses pendinginan kuenya ditutup kain, takut keras).
5. Olesi dengan butter cream, taburi keju, gulung, lalu padatkan. Hias, dan siap disajikan.

Selamat Mencoba Moms :)


No comments: