photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Sunday, July 1, 2012

Avocado Pancake


Beberapa hari yang lalu, sekilas sempet lihat statusnya mba chef Farah Quinn di Facebook. Katanya lagi di Medan mau bikin pancake ala Medan yang biasanya isi durian, kali ini dia buat isi avocado. Penasaran juga, tapi kok males banget ya mau buka mivo tv, hehehee,,. Rada siangan, eh ada adik kelasku dikuliahan dulu yang sekarang tinggal di Medan, Desta, posting photo pancake alpukat ini. Ternyata dia praktekin apa yang di share mba Farah. Nah, kebetulan, aku minta resep ke dia aja deh akhirnya.


Dengan sedikit variasi yang menurutku lebih sesuai dengan selera keluargaku, akhirnya aku praktekin juga pancake alpukat ini. Alhamdulillah ternyata bikinnya ga terlalu sulit dan rasanya sangat yummy. Sangat enak dihidangkan saat dingin. Idihhhh,, pas banget ya untuk hidangan dikala summer seperti sekarang ini hehheee,,,


Avocado Pancake
Source: Chef Farah Quinn, modified by: Nony Aska Daulika

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang/all purpose
3 butir telur
500 ml santan (aku 250 ml santan + 250 ml susu)
1 sdt garam
1 sdt essence pandan (aku pake essence black forrest Toffieco)
(aku juga tambahin 1 sdm coklat bubuk)


 Avocado Filling:
4 buah alpukat matang, ambil dagingnya
2 sdm gula pasir (aku pake 4 sdm karena alpukat yang aku beli agak hambar)
Beberapa tetes lemon juice (optional)
Whip Cream (aku pake 50 ml whip cream cair, dikocok sampai kaku)


Caranya (ala aku yaaa,, ):

1. Avocado filling: alpukat, gula pasir dan lemon juice dihaluskan dengan food processor. Setelah itu campurkan adonan alpukat dengan whip cream yang telah dikocok kaku. Aduk balik dengan menggunakan spatula hingga rata. Simpan di dalam kulkas sampai saatnya digunakan.
2. Pancake: Campur terigu, garam, coklat bubuk dan pasta coklat, sisihkan.
3. Campurkan santan, susu dan telur, aduk hingga rata.
4. Campurkan campuran susu kedalam campuran terigu sambil diaduk menggunakan whisker. Aduk dan campur hingga rata dan licin. Dadar dengan menggunakan wajan tahan panas. 
5. Setelah dadaran agak dingin, isi dengan filling lalu lipat. Simpan di dalam kulkas. Hidangkan dingin.


Selamat mencoba moms :)


No comments: