Thursday, September 29, 2011

Kimchi

kimchi yang baru mau difermentasi

susah-susah gampang bikin si kimchi ini,,, tapi penasarannn,, walo pas baca-baca si kimchi ini masa fermentasinya yang bagus ya lama,, bukan berhari-hari,, bukan berminggu-minggu,, bukan berbulan-bulan,, tapi bisa nyampe 2 taun booooo,,, hedeuhhhh,,,  resepnya dipadu-padan dari sana sini hehhee,, jadilah ini kimchi ala si bunda Faatih yaaa,,,


pas posting ini aku masih belum bisa bilang kimchiku sukses apa ngga,, karena pas seminggu  kemaren kimchinya masih belum manteb,, yang pasti kurang asin, jadi aku taburin garem lagi,, dan sekarang masih mengendap di kulkas hehheee,,,


ini dia resepnya ya,,,
1 buah sawi putih (chinese cabbage), belah dua lalu cuci bersih, tiriskan
1 buah lobak putih, kupas, cuci, potong korek api
1 batang daun bawang, iris
1 buah bawang bombay, kupas, cincang
1 buah wortel, kupas, cuci, potong korek api
1 sdt jahe parut
1 cup bubuk cabe Korea (aku pake bubuk cabe Khasmiri)
1 sdt garam (kayaknya aku jadinya 2 sdm deh,,,)
2 sdm gula pasir
4 buah bawang putih, haluskan
4 sdm kecap asin
1/2 cup tepung beras (masak dengan air hingga menjadi bubur)

caranya:
1. sawi yang telah dicuci, tiriskan, lalu taburi garam hingga ke helaian daunnya. biarkan 2-3 jam. cuci kembali, lalu tiriskan. sisihkan.
2. aduk didalam baskom, wortel, lobak dan garam hingga rata. lalu tambahkan cabe, bawang bombay dan adonan tepung beras hingga rata. lalu tambahkan daun bawang, jahe, bawang putih, gula dan kecap asin hingga rata.
3. lumurin adonan ke sawi hingga ke setiap helaiannya. simpan di tempat kedap udara. lalu simpan di kulkas,



No comments: