photo banner-ns-468x60_zps1113cee1.gif

Sunday, October 14, 2012

Gemblong Kicak


Gemblong kicak ini juga merupakan sajian yang aku buat saat bulan Ramadhan kemaren. Dari namanya ketauan dong ya kalo ini adalah makanan khas Jawa. Awalnya aku aneh melihat resep gemblong yang ini, karena gemblong atau kue gemblong yang selama ini aku kenal yaitu bentuknya bulet, berwarna kecoklatan dan tidak berkuah. Itu adalah kue gemblong yang umum aku temukan di Bandung. Tapi ternyata gemblong yang ini berbeda. Gemblong khas Jawa Tengah ini disiram dengan saus gula dengan santan yang kental, yang dimasak bersama potongan nangka yang memberikan wangi sangat menggoda. Yummy,,,


Gemblong Kicak
(Resep diambil dari buku Aneka Masakan Jawa oleh Demedia)

Bahan:
500 gr beras ketan putih, rendam 2 jam kemudian tiriskan
1/2 butir kelapa, parut kasar
250 ml air
1 sdt garam
 3 lembar daun pandan
Daun pisang secukupnya sebagai alas

Bahan Saus Gula:
500 ml santan dari 1 butir kelapa
1/2 sdt garam
5 sdm gula merah
1 sdt tepung beras
8 buah nangka, potong dadu

Cara Membuat:
1. Campurkan beras ketan dengan kelapa parut, aduk rata, lalu kukus hingga setengah matang.
2. Sementara itu, didihkan air, garam, dan daun pandan. Masukkan beras ketan setengah matang, aduk-aduk hingga air habis. Angkat lalu kukus kembali hingga matang.
3. Siapkan loyang 24x24x4cm yang dialasi daun pisang dan diolesi minyak goreng. (Kemaren aku pake cetakan putu ayu yang diolesi minyak goreng.
4. Tumbuk halus ketan yang sudah dikukus, masukkan ke dalam loyang, padatkan, lalu keluarkan gemblong dari loyang, potong-potong sesuai selera, dan sajikan dengan saus gula.
5. Saus gula: rebus santan bersama garam, gula merah dan tepung beras hingga mendidih sambil diaduk-aduk. Masukkan potongan nangka, aduk rata, angkat.

Selamat mencoba ya moms :)

No comments: